Akhmad Ramdhon : Pudarnya Kauman

Akhmad Ramdhon,
Pudarnya Kauman, Studi Perubahan Sosial Masyarakat Islam Tradisional
Penerbit Almatera ISBN 978-9797-185-230-2, Tahun 2011.

Buku Pudarnya Kauman ini merupakan penelitian sosiologis yang mengambil seting lokasi wilayah kauman, Surakarta. Kauman menarik dikaji karena merupakan kampung kuno yang mampu memberikan berbagai gambaran tentang perkembangan kota. Kauman juga merupakan representasi dari terintegrasinya karakter politik tradisional dengan agama dalam sebuah sistem sosial budaya masyarakat Jawa.
Perubahan sosial di Kauman terjadi ketika kota Surakarta semakin bergerak ke arah modernisasi dengan melakukan berbagai perubahan dalam setiap bidang kehidupan. Apa yang terjadi kemudian penting sekali untuk dicacat karena bisa menjadi sebuah potret tentang kecendrungan memudarnya kekuatan tradisi oleh kekuatan negara yang semakin ekonomis-kapitalistik. Hal ini tidak bisa lepas dari perubahan yang juga dialami oleh individu didalamnya.  Lebih jauh, buku ini mengkaji proses perubahan di Kauman, sejauh yang telah terjadi hingga sekarang dan sekaligus menyoroti dinamika individu, lingkungan, dan sosial budaya kampung dengan metode grounded.

Bagi Anda yang menginginkan format ebooknya, silahkan bisa didownlod dengan mengklik judul diatas dan anda akan segera mengunduh naskah buku tersebut. Selain itu, ada dua naskah tanggapan atas buku tersebut yang ditulis oleh Maulana Kurnia Putra Agama dan Perubahan Sosial, Sebuah Tanggapan Pudarnya Kauman dan Budiawan Dwi Santoso Menilik Pudarnya Kauman. Terima kasih untuk keduanya