desain t.s.m

selamat bergabung dengan mata kuliah teori sosiologi modern yang diampu bersama prof. rb. sumanto dan ibu gerarda, ma, pada pertemuan pertama kelas [04/09/2009], kita telah berdiskusi tentang orientasi pada kelas sekaligus materi yang akan dikaji dalam mata kuliah ini. prasyarat dari mata kuliah ini adalah penguasaan bahan pada mata kuliah pengantar sosiologi, asas-asas sosiologi dan yang paling penting adalah penguasaan sosiologi klasik yang telah diambil pada semester sebelumnya karena eksemplar kajian teoritik yang dikaji dalam mata kuliah teori sosiologi modern berbasis pada eksemplar teori yang dikaji di teori sosiologi klasik, seperti Durkheim, Marx dan Weber.

Dari kajian klasik maka kita akan bergerak pada ranah kajian teori sosiologi modern yang menjadi turunan dari kajian klasik sebelumnya, dengan sub kajian : fungsionalisme yang meliputi parsons dan merton, konflik akan mengambil sub tema pada kajian dahrendrof dan lewis coser, interaksinisme simbolik akan mengambil goffman dan mead, teori pertukaran dengan tokoh homans dan peter blau, dan yang terkahir fenomenologinya husserl dan schutz.

silahkan mengakses buku yang tersedia diperpustakaan, mengakses internet dan melakukan review atas semua bahan yang telah kita list tersebut, adapun tehnik pembelajaran yang akan dilakukan dikelas adalah dengan melakukan diskusi atas hasil review yang bahan2nya akan saya sediakan satu pekan sebelum kuliah kelas dilakukan. pembacaan bersama, review, analisis akan kita lakukan dikelas dan beban dari pemahaman akan kuliah teori ini kita usung bersama-sama. sedangkan bahan rereferensi buku yang standart : doyle paul johnson berjudul teori klasik dan modern, george ritzer dan dauglas j goodman berjudul teori sosiologi, sosiologi kontemporernya margaret poloma dan memahami kembali sosiologi irving m zetlin adalah bahan2 yang tersedia diperpustakaan kita. terakhir, silahkan menggunakan media ini untuk berinteraksi dengan saya. trims