jelang akhir

tak terasa, proses kuliah kita sudah memasuki bagian akhir dari moment pada semester ini. ada banyak pertanyaan yang diajukan tentang apa inti materi dari kuliah kita selama ini. saya hanya ingin menegaskan sekali lagi tentang semua proses yang telah kita lalui berbasis pada apa yang telah anda lakukan baik didalam kelas maupun diluar kelas. point yang terakhir mempunyai porsi besar, dalam bentuk kegiatan lapangan yang menuntut anda memahami semua proses, tema yang digali dan mendistribusikannya baik lewat presentasi kelas, diskusi kelompok maupun seminar pada bagian akhir tatap muka kelas.

kegiatan lapangan dimana anda meneliti, mewancarai orang, bertemu lembaga2 terkait, mendokumentasikan semua proses lewat lembar kerja + log book, diskusi diluar kuliah, menyusun presentasi hingga mendiskusikan laporan akhir. semua proses tersebut menjadi inti dari mata kuliah yang kita lakukan namun tetap akan ada beberapa kekurangan atas semua proses tersebut dan untuk itu saya memohonkan maaf atas kekurangan yang ada.

untuk semua proses tersebut sangat sayang bila tak terpublikasikan dan kita telah menyepakatinya dalam bentuk ;

1. format laporan akhir

2. seminar

3. publikasi online

terakhir, khusus untuk anda yang mengulang, terus terang saya kesulitan melakukan monitoring, sudah beberapa kali kita sepakati untuk bertemu namun terasa sulit untuk benar2 bisa merealisasikannya. untuk itu saya minta pada bagian akhir anda bisa menemui pak drajat. trims