info.2 sospol

pada pertemuan kemaren [20/3/09], teman2 telah mempresentasikan beberapa progres yang ada. secara umum ada kemajuan sekalipun tidak merata terjadi pada setiap kelompok, untuk itu saya merekomendasikan beberapa hal untuk masing2 kelompok :

1. tugas masing2 anggota kelompok mesti dipastikan/difokuskan/bertarget terlebih dahulu, sehingga apapun kemajuan yang diperoleh secara kolektif akan memberi kontribusi pada hasil kelompok.

2. lemba kerja mesti diefektifkan lewat kendali ketua kelompok, dan logbook yang kemaren disiapkan akan mendokumentasikan semua proses yang dilakukan, baik secara kelompok maupun individual.

3. tidak usah terburu-buru turun kelapangan, bahwa persiapan pra-lapangan adalah proses penting dan akan menentukan maksimal/tidaknya hasil lapangan.

4. tor kegiatan mesti disiapkan juga, yang meliputi : latar belakang, masalah, tujuan-manfaat, landasan teori [analisa teoritik dan deskripsi kegiatan], metode penelitian, dan daftar pustaka

5. evaluasi presentasi kelompok : profil caleg sudah bagus progresnya dan tinggal disepakati dulu instrumennya, dokumentasi media masih belum fokus, masyarakat pemilih kurang lebih sama-belum fokus, pelanggaran pemilu juga belum fokus, proses pemilu sudah mulai menunjukkan progres yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

6. kita akan adakan pertemuan, dengan masing2 ketua-sekretaris kelompok untuk mendesain agar kinerja individu dan kelompok bisa lebih maksimal. jadwalnya akan diatur oleh koordinator kelas sdr panggio-sdri eni.

terima kasih