beasiswa riset

 

Pada suatu waktu saya ngobrol dengan seorang teman, untuk kemudian mendapat beberapa kesimpulan. Salah satunya adalah opportunity yang bisa disinergikan denganmahasiswadan gagasan pengembangan riset dan aksi. Yaitu mencari model pengentasan kemiskinan dengan dua wilayah pilot project di Boyolali dan Sragen @ 2 desa.

Kegiatan ini mencakup kajian (teori dan praktek terdahulu) sebagai basis penyusunan hipotesis yang bisa menjadi kerangka untuk uji lapangan. Dengan kata lain peneliti perlu melakukan kajian regulasi dan mengecek bagaimana pengentasan kemiskinan selama ini terjadi di masing masing kota. Dari kajian itu, diharapkan muncul gagasan yang bisa diuji cobakan.  Dengan pendekatan action riset, dimana ujung dari penelitian ini adalah rencana tindakan lanjut dari dan oleh masyarakat. Setelah gagasan (hipotesisditemukan), maka peneliti melakukan uji coba di masing masing desa. Dam yang terakhir peneliti kemudian menuliskan hasil temuan selama pilot project uji gagasan (satu bulan terakhir).

Dengan begitu, keluaran dari penelitian ini adalah:

1.dokumen kajian teori dan praktek pengentasan kemiskinan yang selama ini telah berjalan di masing masing kota.

2.dokumen pilot project hasil uji gagasan dengan rekomendasi action plan kepada lembaga kemasyarakatan, pemerintahan desa, pemerintahan kota dan stakeholder lainnya.

3.Total waktu penelitian dilakukan selama 6 bulan saja.

Sekiranya berminat, silahkan kirim cv anda ke email saya : wacana3000@gmail.com. semakin cepat semakin baik sehingga 1 november 2011 kita mempunyai progres.
Pola diharapkan bisa menjadi pola baru bagi proses penyusunan tugas akhir anda. Terkhusus mahasiswa sosiologi fisip universitas sebelas maret. Trims