uts mpe

disampaikan kepada semua mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah metode penelitian evaluasi [dr. drajat tri kartono] dengan ini disampaikan bahwa ujian tengah semester diadakan secara online, adapun tugas yang diberikan berupa :

1. tugas individual, tuliskan nama dan nim

2. tuliskan judul tugas kelompok lapangan anda

3. susun 3-4 paragraf berkaitan dengan ringkasan tugas lapangan, tuliskan agenda yang telah dan akan anda lakukan dan didasarkan pada lemba kerja yang telah dibuat.

4. tugas maksimal dipostingkan diblog ini, pada 19/4/2009 : 19.49 wib

5. semoga semua berjalan lancar. trims



Thank you for reading this post. You can now Read Comments (63) or Leave A Trackback.

Post Info

This entry was posted on Saturday, April 4th, 2009 and is filed under [yang] lain-lain.

You can follow any responses to this entry through the Comments Feed. You can Leave A Comment, or A Trackback.



Previous Post: »
Next Post: »

Read More

Related Reading:

63 Responses to “uts mpe

  • 1
    Iin Pusp
    April 8th, 2009 15:24

    Nama : IIN PUSPITOSARI
    NIM : D 0306039
    Judul : Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta

    Berikut ini adalah kegiatan yang saya lakukan selama minggu ke-3 bulan Maret 2009. Saya bersama dengan kelompok melakukan Rapat koordinasi kelompok dan pembagian kerja tim yang dilakukan pada hari Senin, 23 Maret 2009 pukul 09.00 WIB bertempat di ruang 5 Fisip UNS. Dari rapat tersebut diperoleh hasil bahwa saya, Heni dan Arif mulai mencari bahan untuk penyusunan proposal sedangkan Yuliarto dan Galih mencari data atau informasi tentang Perda&SK Wali ke Balaikota. Setelah itu pada hari Selasa, 24 Maret 2009 pukul 19.00 WIB bertempat di rumah saya membuat proposal dengan bahan dari buku serta hasil brosing internet. gasil yang saya dapat adalah saya telah menyelesaikan proposal bagian landasan teori. Pada hari Rabu, 25 Maret 2009 pukul 20.00 WIB bertempat dirumah, saya menyelesaikan landasan teori dengan mengambil dari referensi buku yang lain. Hasilnya adalah landasan teori selesai, kemudian proposal saya print dan rencana selanjutnya adalah mengkonsultasikan proposal tersebut kepada dosen pembimbing.

    Setelah kegiatan pada minggu ke-3 selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan kerja minggu ke-4 Maret 2009 dengan agenda yaitu merevisi proposal yang telah dikonsultasikan.Sebelum, merevisi proposal, saya pergi ke perpustakaan Fisip untuk meminjam buku Teori Analisis Kebijakan Publik. Kemudian jam 13.00 WIB bertempat di Puskom saya download bahan KLA untuk tambahan revisi proposal. pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 28 dan 29 Maret 2009 bertempat dirumah, saya merevisi proposal bagian latar belakang serta menambahkan teori yang kurang dan mengganti metode yang digunakan dalam proposal.

    Pada hari senin, 30 Maret 2009 jam 09.00 WIB saya bersama dengan Galih ke Balaikota bagian Bappermas untuk menyerahkan surat ijin memperoleh data serta wawancara tentang Legislasi KLA. Surat ijin tersebut diterima untuk dibuatkan jadwal wawancara. Hari Selasa tanggal 07 April 2009 jam 11.00 WIB saya bersama dengan kelompok ke Bappermas untuk mencari data serta wawancara, namun karena kepala bagiannya ada acara mendadak, maka kami hanya dikasih data-data tentang SK Menteri tentang Penetapan KLA, Perda ESKA, Nota Kesepakatan dalam Rangka Pengembangan KLA di Surakarta, Kebijakan Pengembangan KLA, Proposal Pelaksanaan dan Perlindungan Perempuan Anak, KLA Kota Surakarta, dan Matrix bidang Perlindungan.. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah ke Bappermas untuk konfirmasi wawancara yang tertunda.

  • 2
    arif nur rohman
    April 8th, 2009 15:41

    Nama : Arif Nur Rohman
    NIM : D 0306025
    Judul : Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta

    Agenda mencari data tentang perda dan SK Kota Layak Anak. Hari jumat 27 Maret 2009 ke balaikota tepatnya ke Bapermas atau DKRPP untuk mencari data perda atau SK tentang KLA. Hasil yang kami dapat tidak mendapat data yang diinginkan karena belum mengajukan surat ijin penelitian, jadi kami membuat surat ijin penelitian yang kemudian kami berikan ke Bappeda, Bapermas dan Kesbanglinmas

    Agenda mencari data tentang tentang perda dan SK Kota Layak Anak. Pukul hari senin 30 Maret 2009 ke balaikota tepatnya ke Dinas HAM dan Hukum Surakarta untuk mencari data mengenai perda dan SK Kota Layak Anak. Hasil yang kami dapat tidak mendapat data yang diinginkan yang kami dapatkan adalah matriks program lima tahunan renstra SKPD DKRPP. Pukul kembali ke kampus dan mengerjakan proposal yang akan direvisi dan saya menyelesaikannya.

    Agenda rapat dengan pak Aramdhon di depan Menwa UNS. Selasa 31 Maret 2009 Pukul 10.00-selesai untuk rapat dan konsultasi dengan Pak Aramdhon mengenai kemajuan penelitian MPE. Hasil yang kami dapat dari konsultasi tersebut bahwa yang kami cari bukan Perda mengenai KLA tetapi Perda ESKa karena Perda KLA belum ada.

    Agenda mencari data proses dan tahapan dalam membuat perda atau SK. Selasa, 7 April 2009 pukul 11.00-12.30 ke Balaikota tepatnya ke Bapermas untuk mencari data proses dan tahapan dalam membuat perda atau SK juga memfoto komplek Balaikota untuk dijadikan publikasi atau dokumen. Hasil yang kami dapat dokumen berupa Keputusan Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Pengembangan Model Kla, Perda Penanggulangan Eska, Nota Kesepakatan Dalam Rangka Pengembangan Kota Surakarta Sebagai Kla Oleh Tim Pelaksana, Kebijakan Pengembangan Kota Layak Anak, Kla Kota Surakarta, Bidang Perlindungan Dan Proposal Pelaksanaan Dan Perlindungan Social, Hokum Bagi Korban Eksploitasi, Perdagangan Perempuan Dan Anak Kota Surakarta 2008

  • 3
    heni
    April 8th, 2009 15:50

    Nama : Heni
    NIM : D 0306038
    Judul : Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta

    Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang saya lakukan selama minggu ke-3 di bulan Maret 2009. Saya bersama-sama satu kelompok melakukan Rapat koordinasi kelompok dan pembagian kerja tim yang dilakukan pada hari Senin, 23 Maret 2009 pukul 09.00 WIB bertempat di ruang 5 Fisip UNS. Dari rapat tersebut diperoleh hasil bahwa saya, Iin dan Arif mulai mencari bahan untuk penyusunan proposal dengan mencari buku dan browsing internet sedangkan Yuliarto dan Galih mencari data atau informasi tentang Perda&SK Wali ke Balaikota. Setelah mendapatkan buku “Analisis Kebijakan” saya bersama iin dan arif mulai mengerjakan proposal. Karena masih belum selesai akhirnya pada malam harinya bertempat dirumahku bersama arif melanjutkan mengetik proposal hingga pukul 22.00 malam. Hari Rabu, 25 Maret 2009 masih melanjutkan menyelesaikan proposal bertempat di Hotspotan FISIP UNS membuat metode penelitian. Pada akhirnya metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Evaluasi.

    Kegiatan berikutnya di minggu ke-4 bulan Maret meliputi hari Jum’at 27 Maret 2009 pukul 08.00 bertempat di Lab Ucyd bersama-sama satu kelompok menemui Pak Drajat untuk berkonsultasi mengenai proposal. Pada akhirnya proposal kelompok kami banyak yang harus diperbaiki dan ditambahkan.

    Senin, 30 Maret 2009 pukul 13.00 dikampus FISIP UNS bersama arif memperbaiki proposal yang sebelumnya telah di ACC oleh Pak Drajat. Hari berikutnya rapat rutin dengan Pak Romdhon di depan Menwa untuk mengevaluasi hasil kerja per kelompok.
    Hari Selasa tanggal 07 April 2009 jam 11.00 WIB saya bersama dengan kelompok ke Bappermas untuk mencari data serta melakukan wawancara. Sebelumnya kami telah menghubungi Ibu Endah untuk mengkonfirmasi kedatangan kelompok kami ke Bappermas. Karena kepala bagiannya yaitu Ibu Nunik ada acara mendadak, maka kami hanya diberi data-data tentang SK Menteri tentang Penetapan KLA, Perda ESKA, Nota Kesepakatan dalam Rangka Pengembangan KLA di Surakarta, Kebijakan Pengembangan KLA, Proposal Pelaksanaan dan Perlindungan Perempuan Anak, KLA Kota Surakarta, dan Matrix bidang Perlindungan. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah ke Bappermas untuk konfirmasi wawancara yang tertunda.

  • 4
    alief
    April 11th, 2009 12:07

    Nama : Alief Pandu Wirawan
    NIM : D0306019
    JUDUL : STUDY KOTA LAYAK ANAK , KIPPAS
    Di bawah ini nanti akan saya paparkan kegiatan saya selama melaksanakan penelitian tentang kelembagaan KIPAS. Dimana, kegiatan saya berawal dari tanggal 20 maret 2009, disitu saya berkumpul dengan kelompok unutk membahas soal penyusunan proposal penelitian dilakukan di ruang 5 kampus FISIP UNS, disitu berhasil mendapat informasi mengenai sistematika penyusunan proposal penelitian yang nantinnya akan digunakan. Setelah itu pada hari yang sama, tapi pada malam harinya saya ke warnet untuk browsing hal-hal yang bersangkutan dengan KIPPAS dan proposal penelitian. Tetapi saya tidak mendapat hasil apa-apa karena susah sekali, dan saya juga malah membuka facebook. Heheheheehhe.. beberepa hari kemudian tanggal 23 maret 2009 bertempat di LPPM UNS saya dan masing-masing kelompok bertemu dengan mas. Ramdhon untuk membahas perkembangan masing-masing kelompok. Disitu saya dikasih mas ramdhon contak person salah satu anggota KIPPAS. Besoknya saya segera saja menghubungi anggota KIPPAS itu dimana yang saya hubungi adalah mb. Maya. Saya berhasil membuat janji dengan beliau untuk Tanya-tanya soal kelembagaan KIPPAS, dan Tanya hal-hal yang lain. Tanggal 27 maret 2009 seharusnya proposal itu sudah ada yang jadi untuk di konsultasikan ke pak drajat. Oleh sebab itu juga saya dan kelompok harus kerja keras, karena proposal belum jadi. Ya sudahlah akhirnya diberi kompensasi waktu oleh pak drajat untuk konsultasi proposal sampai jam 21.00 wib.
    Melihat kondisi yang seperti itu saya dan kelompok menyelesaikan proposal di rumah esha, dan berniat untuk konsultasi sehabis solat jumat. Tetapi ternyata, setelah kita datang kerumah pak drajat untuk konsultasi, pak drajat tidak ada dirumah dan masih dikampus. Hufh. Capek harus bolak balik kampus lagi. Dan ternyata lagi proposal itu di suruh konsultasi ke mas ramdhon.. ya akhirnya saya dan kelompok ke LPPM UNS konsultasi proposal. Disitu proposal masih banyak perubahan, misalnya penggantian rumusan masalah, penembahan deskripsi program, dan dipinjemi buku berbahasa inggris. Makasih mas, atas pinjeman bukunya dan saya sekelompok tidak mudeng isinya. Hehehehehe.
    Satu minngu telah berlalu, setelah terakhir konsultasi proposal dengan mas ramdhon, tanggal 31 maret 2009 saya dan perwakilan masing-masing kelompok ketemuan dengan mas ramdhon untuk membahas perkembangan kelompok. Ya kelompok saya dalam pembenahan proposal. Setelah dari LPPM UNS saya langsung cabut ketemu mb.maya di PEMKOT jam 12.00, disitu saya mendapat banyak informasi tentang KIPPAS dan membuaj janji lagi dengan mab.maya untuk ketemuan di markas KIPPAS yang terletak di pajang. Tanggal 1 april 2009 saya ke warnet untuk mengcopy Surakarta dalam angka yang sudah ada di blog mas ramdhon. Setelah itu saya juga ikut kelompok menyelesaikan proposal. Setelah itu tanggal 2 april 2009 setelah proposal selesai semua, proposal dikirim ke email mas ramdhon, tapi gak tahu sudah delivered belum. Heheehe. Mudah-mudahan sudah ya mas. Karena seminggu sebelumnya saya sudah ada janji dengan mb. Maya untuk ketemuan di markas KIPPAS, pada tamggal 6 april 2009 saya dan kelompok pergi kesana. Disana saya mendapat berbagai macam surat-surat yang berhubungan dengan Kota Layak Anak dan KIPPAS itu sendiri. Selain itu saya juga menyempatkan foto-foto di taman cerdasnya, dan bermain-main disana. Serasa balik ke masa kanak-kanak. Hehehehe…
    Untuk target kedepannya saya dan kelompok akan segera menyusun laporan penelitiannya, karena saya dan kelompok sudah mendapat sedikit banyak tentang KIPPAS. Cukup sekian kegiatan saya, semoga berguna bagi anda-anda yang membaca. Matur nuwun.

  • 5
    esha
    April 11th, 2009 12:44

    Nama : ESHA HANI MERIANA
    NIM : D0306077
    JUDUL : STUDY KOTA LAYAK ANAK , KIPPAS
    Di bawah ini saya akan memaparkan kegiatan saya selama kurang lebih 2 minggu., kegiatan saya dimulai tanggal 20 Maret 2009 di kampus dengan pembagian tugas terhadap masing-masing anggota dan saya mendapat tugas membuat proposal bagian latar belakang, malam harinya saya langsung mengerjakan sebagian latar belakang dengan referensi data-data dari internet yang saya browsing sore harinya, tetapi karena saya mengantuk akhirnya saya hanya mendapatkan 3 baris ketikan saja he he he. Karena kesibukan saya mengerjakan tugas yang lain latar belakang ini sempat terabaikan, namun dengan cepat saya sadar dan segera menyelesaikan lanjutan latar belakang he he he. Tanggal 23 Maret saya menggadiri peretmuan rutin dengan mas Ramdhon di LPPM di pertemuan ini kelompok kami mendapat bantuan dari mas Ramdhon yaitu kenalan anggota KIPPAS (makasih ya mas Ramdhon he he he). Malam harinya saya tetap melanjutkan mengerjakan proposal bagian latar belakang dan akhirnya saya tertidur karena mengantuk. Proposal saya lanjutkan pada tanggal 26 Maret dan tanggal 27 Maret karena tanggal 27 adalah deadline pengumpulan proposal maka kelompok kami megerjakan dengan tergesa-gesa, namun akhirnya selesai juga.
    Karena pengumpulan proposal di tempat Pak Drajat maka saya dan kelompok meluncur ke rumah Pak Drajat dengan basah kuyup karena hari itu hujan deras, namun demi kelancaran tugas apapun kami lakukan he he he. Sampai di rumah Pak Drajat kami disambut oleh putri beliau, namun Pak Drajat nya belim pulang dari kampus, akhirnya kami langsung menelepon beliau dan menyuruh agar proposal diserahkan ke mas Ramdhon. Dengan cepat kami meluncur kembali ke kampus untuk menemui mas Ramdhon di LPPM. Sesampai di kampus kami langsung menemui mas Ramdhon di lantai 2, kelompok kai hanya diwakilkan ema dan amy karena nanti kalau masuk ke ruangan semua malah jadi bingung. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya ema dan amy keluar dan mengatakan kalau proposal kelompok kita masih harus direvisi lagi, di perevisian ini kelompok kita mendapat leaflet KIPPAS dari mas Ramdhon dan buku bahasa inggris sebagai referensi.
    Tanggal 31 Maret saya dan kelompok menemui mbak Maya di Pemkot, namun karena keterbatasan waktu mbak Maya hanya mengijinkan 2 orang yang menemuinya, hasil yang diperoleh pada pertemuan pertama kalinya dengan mbak Maya ini adalah kelompok kami sedikit banyak mendapat sejarah tentang KIPPAS untuk program-programnya kita akan mendapatkan pada pertemuan ke dua yang rencannya diadakan pada tanggal 6 April, malam harinya saya mengerjakan proposal bagian definisi program dan menambah sedikit bagian teori. Tanggal 1 April bertempat di rumah saya, kelompok kami menyelesaikan revisi proposal karena sudah mempunyai data-data yang lebih lengkap. Tanggal 2 April kelompok kami berkumpul di rumahku untuk mengirim soft file proposal dan akhirnya proposal selesai. Tanggal 6 April kelompok kami menemui mbak Maya di secretariat KIPPAS di Taman Cerdas Pajang, di sana kita mendapatkan banyak data mengenai KIPPAS antara lain SK walikota tentang kelembagaan KIPPAS, program-program KIPPAS dan saya mendapat tugas memfotokopi file-file KIPPAS tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan laporan penelitian tentang kelembagaan KIPPAS

  • 6
    EMA
    April 11th, 2009 13:55

    Nama : EMA YUNITA R
    NIM : D0306036
    JUDUL : STUDY KOTA LAYAK ANAK, KIPPAS
    Saya akan memaparkan kegiatan saya selama melakukan penelitian kurang lebih 2 minggu. Kegiatan dimulai tanggal 20 Maret 2009 di kampus ruang 5, saya dan kelompok berkumpul untuk membahas pembuatan proposal. Di situ diberi penjelasan oleh P.Drajat mengenai urutan dalam pembuatan proposal penelitian. Untuk selanjutnya browsing di internet untuk mencari materi tentang KIPPAS dan hasilnya saya mendapat beberapa data tentang KIPPAS yang nantinya akan dijadikan materi dalam proposal kelompok. Tanggal 25 Maret di rumah, karena mendapat bagian untuk menyusun metode penelitian akhirnya saya mencoba untuk menyusunnya tetapi karena masih bingung dan belum mendapat materi yang lengkap maka belum bisa diselesaikan.
    Tanggal 27 Maret saya dan kelompok berkumpul untuk menyelesaikan proposal. Seharusnya proposal tersebut sudah harus jadi tapi karena belum selesai dan harus dikumpulkan hari itu juga dan diberi batasan waktu oleh P.Drajat sampai jam 21.00 wib akhirnya dengan berusaha keras saya dan kelompok menyelesaikan proposal tersebut. Setelah selesai proposal itu diserahkan ke rumah P.Drajat tapi beliau tidak ada dirumah dan akhirnya proposal itu dikonsultasikan ke mas Ramdhon. Setelah dikonsultasikan ternyata ada beberapa yang harus direvisi diantaranya rumusan masalah, deskripsi program dan metode penelitian. Untuk agenda selanjutnya kelompok saya melakukan pertemuan dengan mbak Maya sebagai salah satu pengurus KIPPAS untuk mengetahui program-program KIPPAS.
    Tanggal 31 Maret saya dan kelompok telah membuat janji untuk bertemu sekitar jam 12 siang di pemkot. Karena yang diijinkan untuk bertemu hanya 2 orang akhirnya hanya alif dan ami yang bertemu mbak Maya sedangkan saya dan dua orang teman lagi menuggu di luar. Hasil dari pertemuan itu mendapatkan beberapa informasi tentang KIPPAS mulai dari sejarah, program, dan kendala yang dihadapi ketika menjalankan beberapa programnya. Tanggal 1 April merevisi proposal dengan menambah latar belakang, deskripsi program. Tanggal 2 April bersama anggota kelompok yang lain di rumah esa mengedit proposal kemudian di kirim ke email mas Ramdhon. Tanggal 6 April saya dan kelompok bersama-sama menemui mbak Maya di markas KIPPAS yang ada di Taman Cerdas, Pajang. Disana mendapatkan beberapa informasi tentang KIPPAS dan juga diberi beberapa data seperti SK Walikota tentang kota layak anak dan KIPPAS, program-program KIPPAS. Untuk langkah selanjutnya yaitu menyelesaikan laporan mengenai kelembagaan KIPPAS.

  • 7
    KRISNADI JANU NUGROHO
    April 12th, 2009 00:03

    Nama : KRISNADI JANU NUGROHO
    Nim : D0306045
    Judul : Studi Kota Layak Anak di Surakarta-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
    Kegiatan penelitian MPE yang telah saya lakukan selama ini dimulai dari pembagian tugas pada kelompok saya yang dilakukan pada hari Jum’at 20 Maret 2009 setelah kuliah MPE.kelompok saya melakukan rapat dengan agenda akan langsung terjun ke lapangan pada esok harinya,pada rapat tersebut kami membahas mengenai tempat mana saja yang akan kami tuju yang berkaitan dengan program PAUD yang ada di Suarakarta dan akhirnya kami sepakat untuk memulainya dari PAUD yang ada di Mojosongo dengan pertimbangan bahwa mojosongo merupakan daerah percontohan unuk program PAUD.
    Sabtu 21 Maret 2009 pukul 08.00 WIB,kelompok kami berkumpul di boulevard UNS untuk langsung menuju lokasi penelitian,namun sebelumnya kami mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan kami ajukan disana.09.30 kelompok kami tiba di lokasi penelitian yaitu di kelurahan mojosongo,kebetulan diaula kelurahan sedang diadakan PAUD,jadi kami dapat bertanya secara langsung mengenai program PAUD kepada pengelolanya.dari PAUD kusuma yang ada di mojosongo kami memperoleh informasi mengenai uptd. skb (sanggar kegiatan belajar) di semanggi,kami langsung menuju kasana,disana kami memperoleh berbagai macam penjelasan mengenai program PAUD,namun penjelasan yang kami peroleh kurang begitu mendalam karena terkendalsurat ijin.
    Minggu 22 maret saya pergi ke warnet untuk mengunduh lembar kerja MPE,pada tanggal 23 maret saya mewakili kelompok saya melakukan pertemuan di depan menwa dengan agenda membahas progres apa saja yang telah dilakukan kelompok.pada tanggal 27 maret 2009 kelompok kami mengadakan diskusi kecil untuk membahas kegiatan penelitian kami berikutnya dan dri rapat dihasikan keputusan kelompok kami akan mengambil data di DISDIKPORA (dinas pendidikan pemuda dan olahraga) kota surakarta.keesokan harinya kelompok kami langsung menuju tempat yang dimaksud didaerah punggawan. dengan membawa surat tugas kami langsung menanyakan mengenai program pud yang ada di surakarta.tapi dari pihak DISDIKPORA meminta kami untuk membawa surat permohonan data.karena tidak adanya surat yang dimaksud akhirnya kami memutuskan untuk menunda pengambilan data di DISDIKPORA. sebelum kami pulang kami melakukan sedikit evaluasi mengenai apa yang telah kelompok kami lakukan dan apa yang akan kami lakukan pada agenda berikutnya.pada tanggal 31 maret 2009 saya kembali mewakili kelompok saya melakukan rapat didepan menwa dengan agenda membahas apa saja kendala yang kami hadapi dalam melakukan penelitian kota layak anak.
    agenda kelompok kami berikutnya mengenai program PAUD,antara lain mempersiapkan berbagai surat tugas yang diperlukan,agar memudahkan dalam proses pengambilan data,kelompok kami juga berencana untuk mengambil informasi atau data mengenai program PAUD di HIMPAUD,karena menurut informasi yang saya dapat HIMPAUD merupakan suatu himpunan yang mengelola mengenai program PAUD yang ada di Surakarta.

  • 8
    Lulu Poernamasari W
    April 12th, 2009 00:36

    Nama : Lulu Poernamasari W
    Nim : D0306046
    Judul : Studi Kota Layak Anak-ZOSS (zona selamat sekolah)
    Pada tugas penelitian MPE mengenai kota layak anak,kelompok saya mendapat bagian mengenai zona selamat sekolah atau ZOSS.ZOSS yang saya teliti adalah yang berada di SD AL-Islam Jamsaren.kegiatan yang telah saya lakukan mengenai penelitian ini antara lain,Jum’at 20 maret 2009,saya mendengarkan pengarahan pengarahan pembuatan proposaloleh pak Drajat,hasilnya kelompok saya mendapat bagian untuk mengadakan penelitian mengenai ZOSS yang ada di SD AL-Islam Jamsaren.senin 23 maret 2009,saya berkumpul dengan kelompok dan melakukan pembagian tugas,saya bertugas membuat perumusan masalah dan landasan teori pada proposal penelitian.selasa 24 maret saya mengerjakan tugas pembuatan perumusan masalah dan landasan teori,saya mencari landasan teori di perpustakaan dan mencari di warnet.
    rabu 25 maret 2009 saya meninjau lokasi penelitian kami yang berada di SD AL-Islam Jamsaren.dan saya melakukan sedikit pra penelitian.Jumat 27 maret 2009,saya melakukan konsultasi proposal yang telah dibuat dan hasilnya diperlukan sedikit revisi pada proposal terutama pada landasan teori.senin 30 maret 2009, saya berdikusi dengan kelompok dan membuat revisi proposal,hasilnya revisi proposal selesai dibuat dengan baik.
    dalam pembuatan proposal ini terdapat beberapa kendala yang saya hadapi, misalnya sulitnya mencari teori yang relevan dengan program zona selamat sekolah ,sehingga saya harus mencari buku-buku di perpustakaan dan browsing internet seharian.namun berkat kesabaran,sayaberhasil mendapatkan teori yang relevan.pada senin 6 april 2009, saya melakukan interview dengan guru SD AL-Islam Jamsaren dan menerima data dari sekolah tersebut.saya menunggu selama beberapa jam agar bisa bertemu dengan guru tersebut,dan saya mendapatkan data mengenai angka kecelakaan sebelum adanya zona selamat sekolah dan sesudah adanya zona selamat sekolah.agenda berikutnya dalam penelitian kota layak anak ini antara lain memperoleh data yang lebih mendalam mengenai zona selamat sekolah.

  • 9
    Afi
    April 12th, 2009 10:31

    Nama : Afiyanta Rizal P
    NIM : D0306001
    Judul : Studi KLA di Surakarta – Pendidikan Anak Usia Dini

    Kegiatan saya diawali pada tanggal 21 Maret 2009, yaitu melakukan Pra Penelitian PAUD dengan rincian kegiatan berupa ; Mencari Lokasi PAUD yang berdekatan dengan lokasi Taman Cerdas, Mendatangi UPTD PAUD di Semanggi untuk bertemu dengan Ibu Galuh. Hasilnya yakni menemukan lokasi PAUD yg berdekatan dg Taman Cerdas salah satunya ada di Mojosongo, setelah itu di UPTD PAUD memperoleh sedikit informasi mengenai PAUD di Surakarta, ternyata program PAUD yang dicanangkan oleh pemerintah berbeda dengan swasta walaupun isinya sama, program PAUD yang dicanangkan pemerintah itu biasanya berada di kelurahan-kelurahan dan untuk semua kalangan masyarakat. Kedua, pada tanggal 22 Maret 2009 mencari data-data Kota Layak Anak dan PAUD Surakarta di internet dan hasilnya adalah memperoleh data-data PAUD yang kemudian akan dijadikan bahan untuk menyusun proposal. Ketiga, 23 Maret 2009 mencari buku tentang PAUD di Perpustakaan Pusat, UNS. Hasilnya yaitu saya mendapatkan buku yang berjudul Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, dimana buku tersebut juga akan saya gunakan untuk menyusun proposal. Keempat, 24 Maret 2009 menyusun proposal PAUD dengan menggunakan data-data yang sudah saya peroleh dan hasilnya penyusunan proposal baru selesai pada tahap pembuatan latar belakang, landasan teori dan metodologi.

    Kelima, pada tanggal 27 Maret 2009, mengkonsultasikan Proposal PAUD kepada Bp. Drajat, di Lab UCYD dan hasilnya Proposal PAUD masih perlu perbaikan pada bagian latar belakang karena belum menyangkut PAUD di Surakarta dan metodologinya. Keenam, 28 Maret 2009, melakukan pra penelitian PAUD ke Disdikpora dengan menemui kepala Disdikpora untuk menanyakan sedikit banyak tentang Program PAUD di Surakarta. Hasilnya, disuruh utk membuat surat izin penelitian sebelum melakukan penelitian PAUD ke dinas-dinas terkait seperti Disdikpora dan HIMPAUDI. Ketujuh, 2 April 2009, memperbaiki proposal PAUD untuk latar belakang, landasan teori, dan metodologi.

    Rekomendasi dari kegiatan-kegiatan di atas yakni, setelah proposal PAUD disusun secara keseluruhan dan dikonsultasikan kepada Bp. Drajat maka langkah selanjutnya adalah membuat surat izin penelitian untuk melakukan penelitian PAUD ke dinas-dinas terkait, setelah itu membuat daftar pertanyaan (interview guide) dan penelitian PAUD pun ready to start.

  • 10
    Yuni Hapsari
    April 13th, 2009 14:12

    NAMA : Yuni Hapsari
    NIM : D 0306011
    Judul : Studi Kota Layak Anak-ZOSS (zona selamat sekolah)
    Pada tugas penelitian MPE mengenai kota layak anak,saya bersama kelompok saya mendapatkan bagian mengenai Zona Selamat sekolah di SD AL ISLAM. adapun kegiatan yang saya lakukan yaitu: 20 maret,2009 di ruang 5 fisip UNS saya menghadiri kuliah MPE dan mendapat pengarahan dari pak Drajad untuk menentukan judul proposal, dan hasil dari kuliah itu kelompok kami menentukan format dan judul proposal kami mendapat bagian untuk meneliti ZOOS. Senin 23 maret pembagian tugas kelompok untuk menentukan dan memilih manajer riset, sekertaris dan kelembegaan dan saya mendapat bagian menjadi direktur dan membahas mengenai pembuatan proposal. dan saya merumuskan masalah tentang ZOOS. Jumat,25 maret, pukul 09.00 di lobi Fisip kami mendiskusikan tempat penelitian ZOOS yang akan dipilih, yitu SD AL ISLAM Jamsaren. Kemudian kami berangkat menuju kesana. Karena proposal yang kami miliki belum sepenuhnya jadi, maka kami hanya melihat situasi dan melakukan sedikit penelitian.
    Tanggal 27 Maret di kos saya, kami memperbaiki kesalahan pada proposal diantaranya kurangnya latar belakang dan teori. Kami mengerjakannya dengan kelompok Indah si ratu lebah. Dan akhirnya proposal kami selesai dperbaiki dan dikonsultasikan pada mas Ramdhon. Senin 30 Maret pkl.13.30 kami kembali memperbaiki proposal yang masih kurang. dan mengkonsultasikannya dengan mas Ramdhon. Selasa 31 Maret saya melakuklan rapat di Menwa, dan kami mendiskusikan tentang apa saja yang kami telah lakukan dan akan kami tinak lanjuti. Kemudian kami ke dinas Perhubungan,namun karena kendala surat ijin kami hanya mendapat sedikit informasi. pada tangal 6 april 2009 kami menuju lokasi penelitian dan bertemu dengan ibu Astuti selaku guru BP di SD AL-Islam Jamsaren.namun tidak ada informasi tentang ZOSS.
    Agenda kami berikutnya mengenai penelitian kota layak anak adalah mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai ZOSS.dan menyelesaikan penelitian ini tepat pada waktu,dan mendapatkan nilai yang cukup baik.

  • 11
    BETY PUSPITASARI
    April 13th, 2009 15:32

    Nama : BETY PUSPITASARI
    NIM : D 0306026
    Judul : Study Kota Layak Anak PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta)

    Kegiatan saya selama minggu ke-3 bulan Maret hanya satu. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Jumat tanggal 20 Maret 2009 pukul 07.30 WIB. Kegiatan tersebut bertempat di ruang 5 FISIP UNS. Agenda kegiatan tersebut adalah rapat kelompok. Dalam rapat tersebut yang menjadi bahasan adalah menentukan posisi-posisi dalam kelompok, seperti, direktur, sekretaris, manager kelembagaan, manager publikasi, dan manager riset. Selain itu juga dibahas mengenai evaluasi apa yang akan digunakan dan juga membuat target minggu depannya, yaitu membuat proposal dan perijinan. Rapat kelompok tersebut dihadiri oleh 5 anggota kelompok.

    Selanjutnya, kegiatan minggu ke-4 bulan Maret. Di minggu ke-4 ini banyak kegiatan yang saya lakukan. Kegiatan pertama yang saya lakukan dimulai pada hari Jumat tanggal 27 Maret 2009. Pada hari tersebut kegiatan yang saya lakukan tidak hanya satu. Pertama, pada pukul 07.30 WIB bertempat di ruang 5 FISIP UNS. Pada pukul tersebut saya dan teman-teman kelompok membuat kata pengantar, daftar pustaka, dan cover untuk melengkapi proposal yang telah dibuat hari sebelumnya. Kedua, pada pukul 08.00 WIB saya mencari buku yang berkaitan dengan teori yang digunakan dalam proposal kelompok. Saya mencari di perpustakaan FISIP. Tapi, buku yang saya cari tidak ada.

    Masih dihari yang sama, kegiatan ketiga yang saya lakukan adalah konsultasi proposal ke Bapak Drajat Tri Kartono selaku dosen pembimbing mata kuliah Metode Penelitian Evaluasi. Dari konsultasi tersebut mendapat hasil bahwa proposal kelompok perlu direvisi. Kegiatan ini saya lakukan bersama teman-teman kelompok pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di Lab UCYD. Keempat, pada pukul 09.30 WIB saya pergi ke perpustakaan pusat untuk mencari buku tentang teori implementasi kebijakan, teori tindakan sosial dan tentang metode penelitian evaluasi. Hasil dari pencarian buku ini hanya mendapatkan satu buku, yaitu tentang metode penelitian evaluasi. Kegiatan ini adalah kegiatan terakhir yang saya lakukan pada hari tersebut.

    Kegiatan selanjutnya saya lakukan pada hari Senin tanggal 30 Maret 2009 pukul 08.30 WIB. Pada hari tersebut saya dan teman-teman kelompok pergi ke Balaikota untuk meminta izin penelitian. Izin penelitian tersebut diajukan ke Kesbanglitmas, Bapermas, dan Bapeda. Tapi, saya dan kelompok belum mendapat izin karena surat yang diajukan kurang tepat. Dihari berikutnya, pada hari Selasa tanggal 31 Maret 2009 pukul 09.30 WIB bertempat di LPPM (depan menwa). Kegiatan tersebut adalah koordinasi dengan Mas Ramdhon. Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang perkembangan kelompok Hasil dari koordinasi tersebut adalah diminta untuk melanjutkan kegiatan penelitian dan pengumuman-pengumuman lainnya berkenaan dengan mata kuliah Metode Penelitian Evaluasi. Kegiatan terakhir yang lakukan adalah mencari buku yang berkaitan dengan teori implementasi kebijakan tapi, buku tersebut belum juga saya dapatkan. Kegiatan tersebut saya lakukan pada hari Kamis tanggal 2 April 2009 pukul 13.00 WIB bertempat di perpustakaan pusat.

  • 12
    Andii
    April 13th, 2009 16:29

    NAMA ; ANDI TYAS SURYA NUGRAHA
    NIM : D0305014
    JUDUL : STUDI KOTA LAYAK ANAK ( TAMAN CERDAS DI KELURAHAN GANDEKAN, JEBRES, SURAKARTA)

    Pada Mata Kuliah MPE ini, kami para mahasiswa diberikan tugas/praktek lapangan tentang Penelitian Evaluasi oleh pendamping Mata kuliah. Kali ini telah disepakati bahwa fokus peneliktian adalah tentang Kebijakan Pemda Surakarta mengenai Kota Layak Anak, disini akan dilihat tentang Program; implementasinya; dan dampaknya pada masyarakat. Jum’at 20 Maret 2009 setelah kuliah MPE, kelompok saya melakukan rapat .Saya bersama kelompok mendapat bagian untuk melakukan kajian sub program dari Kota Layak Anak tersebut yaitu Taman Cerdas. Pada rapat perdana ini kami menentukan langkah-langkah penelitian yang akan dilakukan dan membagi job description masing-masing orang. Telah ditentukan bahwa ada dua kelompok yang akan melakukan kajian tentang Taman Cerdas tersebut, kelompok kami memilih Taman Cerdas di kelurahan Gandekan dan kelompok lainnya di kelurahan mojosongo kecamatan Jebres.
    Untuk pembuatan proposal penelitian telah disepakati oleh kedua kelompok untuk mengumpulkan bahan dan data , kedua kelompok yang mencari. Pembuatan proposal bersama pertama kali setelah bahan-bahan terkumpul dilakukan dikost salah satu rekan kami pada selasa 24 maret 2009. Namun saya dan satu teman saya berhalangan untuk bisa datang pada pertemuan itu karena ada suatu acara lain, maka dari itu kami minta kebijakan kelompok untuk ijin dan mengganti tugas dengan melakukan pengamatan di Taman Cerdas Gandekan. Pada awalnya, niatnya hanya melakukan pengamatan dan ingin mengetahui apa itu Taman Cerdas. Pertama hanya mengambil gambar lingkungan cerdas itu dan fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya. Namun malah kebetulan bertemu dengan ketua pengurus Taman Cerdas disana Bapak Syarif dan dua pengurus lainnya. Kami utarakan maksud kedatangan, dan akhirnya kita berbincang-bincang banyak tentang Taman Cerdas. Pada dasarnya menurut Syarif, konsep Taman cerdas itu bagus memberikan akses pendidikan non formal bagi anak-anak dikalangan bawah untuk belajar tentang teknologi maupun pembelajaran lain sekaligus bermain. Namun menurut pengurus, Taman cerdas masih kurang diminati oleh anak-anak dilingkungan itu. Setiap hari hanya sepuluh sampai lima belas anak saja yang datang dan itu hanya anak-anak yang sama, mereka berharap agar para orang tua di kalangan menengah ke bawah mau mendorong anak-anak mereka yang untuk ke Taman cerdas agar mendapatkan pendidikan sekaligus bermain di Taman cerdas karena itu sebenatnya adalah hak mereka. Pengurus juga mengeluhkan kontraktor yang mendapat proyek di TC tersebut, yaitu tentang kontruksi bangunan dan sanitasi yang ada disana. Karena menurut mereka itu masih dibawah sempurna, setiap kali banjir datang TC selalu kembeng-kembeng. Pengurus mensinyalir ada yang tidak berses pada pelaksanaan pembangunan proyek tersebut.
    Pengematan awal di Taman Cerdas tersebut menjadi bahan untuk acuan pembuatan proposal pada tanggal 26 maret 2009 untuk membuat latar belakang hingga tinjauan pustaka. Pembuatan proposal selanjutnya dibuat di kost rekan dari kelompok lain pada tanggal tanggal 27 maret 2009 setelah kuliah MPE, memang proposal kita buat satu karena hanya tempat penelitiannya saja yang beda yang lainnya sama. Kita mulai menyempurnakan dari latar belakang hingga validitas data. Proposal pertama selesai dibuat dan diserahkan pada P. ramdhon untuk dikoreksi. Setelah dikoreksi masih ada beberapa kesalahan dan hal – hal yang perlu ditambahi dalam proposal. Hampir semua kelompok kurang tepat dalam pembuatan metode penelitian, menurut P. Ramdhon hampir semua copas (copy paste) dari skripsi-skripsi yang sudah ada. Akhirnya kita revisi lagi proposal dengan menambah banyak literatur dan mencari tahu tentang metodologi penelitian Evaluasi yang baik itu seperti apa, karena pada saat itu kami benar-benar kurang paham dengan metodologi yang dijelaskan p. ramdhon. Setelah revisi proposal selesai, kami segera mengirimkan file proposal ke P. Ramdhon via email, berharap kalau ada yang kuran atau salah bisa segera dibenahi secepatnya. kedepan kana langsung turun lapangan setelah midtes, tapi ini menunggu perijinan dari kampus selesai.
    Cukup sekian saja comment dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih atas perhatiannya. Untuk kelompok saya( Arief, Tegar, Ipho, vita, Dito) dan Partner kelompok (Rafita, tiwuk, irfan, Nuning, Bondan, Tatik) “ Jangan Berhenti Bekerja Bersama, Mari Lanjutkan!”.

  • 13
    MAULANA ARIF RACHMAN
    April 13th, 2009 22:02

    Nama : MAULANA ARIF RACHMAN
    NIM : D 0305050

    Study Kota Layak Anak PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta)

    assallamu alaikum wr.wb. Salam Sejahtera.

    pada study kota layak anak PT PAS ( Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta, saya bertindak sebagai seksi humas adapun tugas-tugas pokok saya adalah melobby instansi-instansi yang kami butuhkan dalam study tersebut. Yaitu : 1. KESBANGLINSMAS ; 2. BAPPEDA ; 3. Yayasan KAKAK dan 4. LSM spek HAM.
    Tugas pokok saya baru saya laksanakan pada minggu ke 4 bulan maret. Sebab saya masih menunggu segala persiapan seperti proposal, surat ijin penelitian dari Fisip UNS dimana perijinan penelitian ini, di wakili oleh LAB.UCYD. Pada minggu ke 4 sekitar jam 13.30, surat perijinan penelitian telah terbuat, barulah saya di beri mandat oleh saudara Julian yang waktu itu di wakili oleh saudari Betty, agar mencari ijin penelitian ke Balai kota, yaitu KESBANGLINMAS. Namun ternyata terdapat kendala,
    karena dari KESBANGLINMAS meminta proposal penelitian untuk di tinggal sebagai bukti ijin penelitian dan juga meminta identitas para peneliti terwakili. Karena pada waktu itu saya cuma bawa satu form proposal, dan tidak membawa kartu Mahasiswa maka ijin penelitian agak tertunda. Keesokan harinya,hari selasa pukul 10.00 wib saya bersama saudara Julian dan saudar Joko, kembali melooby ke KESBANGLINMAS guna mendapatkan perijinan, pada hari itu juga akhir dengan ridho ALLAH swt kami akhirnya mendapatkan surat tembusan perijinan ke BAPPEDA. Pada hari Selasa itu juga kami bertiga langsung melobby ke BAPPEDA, namun ternyata hari itu instansi yang bersangkutan sedang ada rapat. untuk sementara waktu perijinan ke BAPPEDA di tunda atas persetujuan kelompok mestinya.
    sekian tugas dari saya, atas bantuan dan bimbingannya saya ucapkan terima kasih.

    hormat saya,

    MAULANA ARIF RACHMAN

  • 14
    herly kurniawan
    April 13th, 2009 22:33

    Nama:Herly Kurniawan
    Nim:D0305039
    Judul:Studi kota layak anak-ZoSS
    Assalamuallaikkum mas,nama saya Herly kurniawan,mahasiswa Sosiologi 05,yang ikut mata kuliah MPE,ini saya mau melaporkan kegiatan saya dalam tugas mengevaluasi Program Zona Selamat Sekolah (ZoSS),Sebelunya saya mau curhat dulu,saat ini kebetulan saya sedang mengerjakan skripsi jadi saya minta maaf banget kepada mas Romdhon dan teman-teman kelompok saya apabila saya tidak dapat bekerja sama secara maksimal dalam menyelesaikan tugas ini.tapi saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk ikut bekerja bersama sama dalam menyelesaikan tugas in dan saya berusaha agar saya tidak menjadi beban bagi kelompok saya dan orang lain.
    Salah satu usaha saya adalah pada tanggal 29-April-2009 saya membuat perijininan berupa surat tugas penelitian dan surat permohonan penelitian yang ditujukan kepada kepala dinas perhubungan kota Surakarta untuk meminta data-data tentang petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan ZoSS dikota Surakarta,setelah tanggal 02-April-2009 surat tugas dan surat permohonan penelitian selesai ditanda tangani dan pada hari jumat tanggal 03-April-2009 surat penelitian saya antar ke dishub tapi mungkin belum rezekinya ternyata dishub sudah tutup maka baru pada 06-April-2009 surat dimasukan ke dishub oleh teman saya sugeng santoso.Kemudian pada tanggal 13-april-2009 saya kembali datang ke dishub surakarta namujn hasilnya agak mengecewakan karena ternyata surat permohonan masih tertahan di bagian administrasi dishub dan kami diminta lagi dating esok harinya dan semoga esok hari kami segera mendapat juklak dan juknis tentang ZoSS.Selain melakukan kegiatan diatas saya juga melakukan Pra Survei dengan turun langsung ke lokasi ZoSS yang berada dijalan Gajah Mada pada saat jam pulang sekolah dari hasil pengamatan ini sementara saya bisa menyimpulkan bahwa keberadaan ZoSS kurang diperhatikan oleh para pengguna jalan sebagai buktinya para pengguna jalan tidak mengurangi kecepatan saat melintas di ZoSS.Untuk sementara kegiatan inilah yang saya lakukan ubntuk menunjang tugas MPE tidak lupa juga saya terus menggali informasi tentang ZoSS dari media massa atapun dari internet untuk lebih memberikan pemahaman kepada saya tentang ZoSS.
    Cukup sekian mas laporan kegiatan saya dan mohon maaf apabila ini kurang berkenan dan saya mohon sedikit kebijakan dari mas Romdhon karena saat ini saya juga sedang mengerjakan skripsi.Atas perhatian dan kebijakanya saya ucapkan banyak terimakasih.Wassalamualikkum Wr.Wb

  • 15
    Yuni Lestari
    April 14th, 2009 07:20

    Nama : Yuni Lestari
    Nim : D0306073
    Judul : Study Kota Layak Anak PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta).

    Dibawah ini saya akan memaparkan beberapa kegiatan yang terkait dengan tugas mata kuliah MPE (Metode Penelitian Evaluasi). kebetulan kelompok saya mendapat tugas untuk mengevaluasi tentang PTPAS (Pelayanan terpadu Perempuan dan Anak Surakarta). Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan yang pertama saya lakukan yaitu pada tanggal 19 Maret 2009 pukul 21.00 WIB yang bertempat di Puskom UNS. Saya bersama rekan saya Devi mencari bahan-bahan tentang Kota Layak Anak dan PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta). Hasil yang kita peroleh kita mendapat data-data dan informasi tentang Kota Layak Anak dan PTPAS. Keesokan harinya, pada tanggal 20 Maret 2009 pukul 07.30 WIB yang bertempat di Ruang 5 Kampus FISIP UNS, saya bersama kelompok melakukan rapat koordinasi untuk membahas posisi kita dalam kelompok. Dari kegiatan tersebut, didapatkan hasil bahwa Julian Surya ditunjuk sebagai Direktur kelompok PTPAS. Setelah itu, dihari yang sama saya juga mencari tambahan materi untuk pembuatan proposal penelitian yang berkaitan dengan Kota Layak Anak dan PTPAS di Puskom UNS pukul 10.00 WIB.
    Kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah menyusun proposal penelitian pada hari kamis tanggal 26 Maret 2009 yang bertempat di Kos. Dalam pembuatan proposal saya sedikit mengalami kesulitan mengenai metode apa yang akan digunakan dalam penelitian. Akhirnya diputuskan kami menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Pembuatan proposal selesai pada hari itu juga karena besok akan dikonsultasikan dengan Pak Drajat selaku Dosen Pengajar dan Dosen Pembimbing. Selanjutnya, pada tanggal 27 Maret 2009, saya bersama kelompok bersama-sama membuat kata pengantar, daftar isi dan cover proposal penelitian untuk melengkapi proposal yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di LAb. Ucyd saya bersama kelompok melakukan konsultasi proposal penelitian yang telah kami buta kepada Pak Drajat. Dalam konsultasi tersebut, terdapat beberapa point yang harus di perhatikan dan direvisi. Point tersebut mencakup latar belakang, landasan teori dan metode penelitian yang digunakan.
    Kegiatan berlanjut pada tanggal 30 Maret 2009 pukul 08.30 WIB yang bertempat di Balaikota Surakarta, saya bersama kelompok mengurus perijinan penelitian kelompok kami. Saya dan teman-teman satu kelompok mengurus perijinan tersebut ke bagian Kesbanglinmas, Bapermas dan Bapeda. Namun dalam pengurusan ijin tersebut kami tidak mendapatkan hasil apapun karena terjadi kesalahpahaman antara kelompok kami dengan petugas yang ada di Balaikota terkait dengan format penulisan Surat Ijin Penelitian yang telah kami ajukan.
    Kegiatan yang saya lakukan pada awal bulan April, yaitu tanggal 01 April 2009 pukul 21.30 WIB dan bertempat di Kos, saya dan Devi merevisi surat ijin penelitian yang salah tersebut karena besok akan diajukan kembali ke Balaikota dan Yayasan KAKAK serta LSM SPEKHAM di Surakarta. Dan keesokan harinya pada tanggal 02 April 2009 saya melanjutkan kegiatan mengurus peijinan ke Balaikota Surakarta yang sempat terhambat. Sedangkan pada malam harinya saya mengerjakan revisi proposal yang telah di ACC oleh Pak Drajat beberapa waktu yang lalu. Sehingga proposal penelitian siap diajukan kembali dan bisa digunakan untuk terjun kelapangan dalam memperoleh data dan informasi mengenai PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta). Agenda yang selanjutnya akan saya lakukan bersama kelompok adalah melakukan kegiatan wawancara dengan Yayasan KAKAK dan LSM SPEKHAM di Surakarta terkait dengan permasalahan PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta).

  • 16
    Devi Irine Fitria
    April 14th, 2009 07:38

    Nama : Devi Irine Fitria
    Nim : D0306030
    Judul : Study Kota Layak Anak PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta)

    Kegiatan yang pertama saya lakukan yaitu pada tanggal 19 Maret 2009 pukul 21.00 WIB yang bertempat di Puskom UNS. Saya bersama yuni mencari bahan dan materi tentang Kota Layak Anak dan PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta). Dan kita mendapat data-data tentang Kota Layak Anak dan PTPAS. Keesokan harinya, pada tanggal 20 Maret 2009 pukul 07.30 WIB yang bertempat di Ruang 5 FISIP UNS, saya bersama kelompok melakukan rapat koordinasi untuk membahas posisi-posisi kita dalam kelompok. dan berdasarkan rapat koordinasi tersebut diperoleh hasil bahwa Julian Surya disepakati sebagai Direktur kelompok PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta).
    Kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah pada tanggal 27 Maret 2009, saya bersama kelompok yang bertempat di Ruang 5 FISIP UNS pada pukul 07.30 membuat kata pengantar, daftar isi dan cover proposal penelitian untuk melengkapi proposal yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, pada pukul 09.00 WIB yang bertempat di LAb. UCYD saya bersama kelompok mengkonsultasikan proposal penelitian yang telah kami buta kepada Pak Drajat selaku Dosen pengajar dan Dosen Pembimbing mata kuliah MPE (Metode Penelitian Evaluasi). Dalam konsultasi tersebut, terdapat beberapa point yang harus direvisi, diantaranya adalah masalah latar belakang, landasan teori dan metode penelitian yang digunakan.
    Kegiatan selanjutnya adalah pada tanggal 30 Maret 2009 pukul 08.30 WIB bertempat di Balaikota Surakarta, saya bersama kelompok mengurus perijinan penelitian untuk kelompok MPE kami. Saya bersama kelompok mengurus perijinan tersebut ke Kesbanglinmas, Bapermas dan Bapeda. Namun dalam pengurusan surat perijinan tersebut kami tidak mendapatkan hasil apapun karena terjadi kesalahpahaman antara kelompok kami dengan petugas yang ada di Balaikota terkait dengan format penulisan Surat Ijin Penelitian yang telah kami ajukan kepada mereka.
    Selanjutnya kegiatan yang saya lakukan pada awal bulan April adalah pada tanggal 01 April 2009 pukul 21.30 WIB bertempat di Kos, saya dan yuni merevisi surat ijin penelitian yang salah pada beberapa hari sebelumnya tersebut karena besok akan diajukan kembali ke Balaikota. Dan keesokan harinya pada tanggal 02 April 2009 saya melanjutkan kegiatan mengurus peijinan ke Balaikota Surakarta yang sempat terhambat pada permasalah format surat ijin beberapa waktu yang lalu. Rencana selanjutnya yang akan saya lakukan bersama kelompok MPE kami adalah melakukan kegiatan wawancara dengan Yayasan KAKAK dan LSM SPEKHAM di Surakarta terkait dengan permasalahan PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta).

  • 17
    Anto
    April 14th, 2009 08:43

    ARI LESTYANTO
    D0306023
    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

    Hari Jum’at tanggal 20 Maret 2009, bertempat di Ruang 5 FISIP UNS saya mengikuti kuliah MPE untuk membahas tentang judul yang akan dipakai dalam menentukan proposal penelitian.Setelah berdiskusi di peroleh kesepakatan judul penelitian “Studi Kota Layak Anak Di Kota Surakarta” dan kelompok kami mengambil sub judul Pendidikan Anak Usia Dini. Setelah itu saya dan anggota kelompok yang lain mempunyai agenda untuk mencari lokasi PAUD yang ada di kota Surakarta. Pada hari Sabtu tanggal 21 Maret 2009, saya dan anggota kelompok yang lain mulai mencari lokasi-lokasi yang terdapat PAUD di kota Surakarta dengan mendatangi beberapa kelurahan di kota Surakarta. Setelah cukup lama berkeliling akhirnya diperoleh lokasi PAUD yang ada di kelurahan Mojosongo dan kelurahan Semanggi. Sesudah menemukan lokasi yang akan digunakan untuk penelitian, saya mendapat tugas dari kelompok untuk membuat proposal terutama tentang perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dalam proposal tersebut.

    Rabu tanggal 25 Maret 2009, saya membuat perumusan masalah, tujuan dan manfaat yang akan digunakan dalam proposal. Dalam hal ini saya membuat 3 rumusan masalah,tujuan dan manfaat penelitian. Setelah saya selesai hasil yang sudah saya dapat akan dijadikan satu agar menjadi proposal yang lengkap. Tanggal 27 Maret 2009 hari Jum’at jam 08.00, saya dan anggota kelompok yang lain menyusun secara lengkap proposal yang sudah dibuat agar dapat segera di konsultasikan kepada Pak Drajat. Akhirnya proposal sudah selesai di susun dengan lengkap dan siap di konsultasikan kepada Pak Drajat. Sesudah proposal di konsultasikan saya dan anggota yang lain berencana mencari data-data tentang PAUD di Kota Surakarta dan kami sepakat untuk mencari data-data tentang paud ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan OlahRaga (DISDIKPORA).

    Hari Sabtu tanggal 28 Maret 2009 jam 09.00 saya dan anggota kelompok yang lain berangkat ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan OlahRaga untuk mencari data-data tentang PAUD di Kota Surakarta.Namun, setelah sampai di sana kami tidak diperbolehkan untuk bertanya tentang PAUD yang ada di Surakarta di karenakan kami tidak mempunyai surat permohonan permintaan data-data PAUD. Kami disuruh untuk membuat surat permohonan dulu agar nantinya dapat mencari data-data tentang PAUD di Kota Surakarta dan mendapatkan rekomendasi dari DISDIKPORA jika ingin melakukan penelitian ke dinas-dinas terkait. Setelah dari DISDIKPORA Saya disuruh membantu membuat interview guide tentang masalah-masalah yang akan diteliti.Tanggal 2 April 2009 saya membuat beberapa pertanyaan mengenai PAUD.Interview guide telah selesai dibuat dan siap digunakan.Penyusunan proposal sudah selesai secara keseluruhan dan telah di konsultasikan kepada Pak Drajat.Membuat pertanyaan juga sudah selesai dan segera melakukan penelitian….BRAVO SOSIOLOGI 2006..!!!

  • 18
    Awan
    April 14th, 2009 08:48

    Nama ; Ari Lestyawan
    Nim ; D0306024
    Judul ; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

    Pada hari Jum’at tanggal 20 Maret 2009 saya mengikuti perkuliahan MPE untuk membahas tentang judul dari proposal penelitian dan setelah dilakukan diskusi akhirnya ditentukan judul proposal yaitu “Studi Kota Layak Anak Di Kota Surakarta” dengan sub judul yaitu “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kemudian pada hari Sabtu tanggal 21 Maret 2009 saya dan anggota kelompok mencari lokasi-lokasi yang terdapat program PAUD dengan mendatangi beberapa kelurahan yang ada di Surakarta. Setelah lama berkeliling akhirnya saya dan anggota kelompok menemukan beberapa tempat yang terdapat PAUD yaitu di kelurahan Mojosongo dan di kelurahan Semanggi. Sesudah menemukan lokasi yang akan digunakan untuk penelitian, saya memperoleh tugas dari kelompok untuk membuat proposal terutama tentang perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian.
    Hari Rabu tanggal 25 Maret 2009 saya membuat perumusan masalah, tujuan penelitian, serta manfat yang didapat dari melakukan penelitian ini. Dalam hal ini saya membuat 3 rumusan masalah. Setelah perumusan masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian selesai dikerjakan, lalu hasil yang sudah saya kerjakan itu akan dijadikan satu agar menjadi proposal yang lengkap. Tanggal 27 Maret 2009 hari Jum’at jam 08.00, saya dan anggota kelompok yang lain menyusun secara lengkap proposal yang sudah dibuat agar dapat segera di konsultasikan kepada Pak Drajat. Akhirnya proposal sudah selesai di susun dengan lengkap dan siap di konsultasikan kepada Pak Drajat. Sesudah proposal di konsultasikan saya dan anggota kelompok berencana mencari data-data tentang PAUD di Kota Surakarta dan kami sepakat untuk mencari data-data tentang PAUD ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan OlahRaga (DISDIKPORA).
    Pada tanggal 28 Maret 2009 jam 09.00 wib saya dan anggota kelompok mencari data-data tentang PAUD ke Dinas Pendidikan,Pemuda Dan Olahraga (DISDIKPORA) Surakarta.Akan tetapi setelah sampai di sana kami tidak diperbolehkan untuk bertanya tentang PAUD yang ada di Surakarta karena kami tidak mempunyai surat permohonan permintaan data-data PAUD. Kami pun disuruh untuk membuat surat permohonan data dulu agar nantinya dapat mencari data-data tentang PAUD di Kota Surakarta dan mendapatkan rekomendasi dari DISDIKPORA jika ingin melakukan penelitian ke dinas-dinas terkait.Setelah itu saya pun mendapat tugas kembali untuk membuat interview guide. Saya pun segera membuatnya pada tanggal 2 April 2009 dengan melihat adanya beberapa data-data tentang PAUD dan setelah semuanya selesai kami pun mempunyai rencana untuk menyelesaikan penelitian ini secepatnya agar kami dapat melakukan ujian secepatnya pula. Semangat….semangat…semangat…!!!!

  • 19
    Yuliarto
    April 14th, 2009 10:38

    NAMA : YULIARTO
    NIM : D 0306072
    JUDUL : “Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta”.

    Senin, 23 Maret ’09. Saya mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya. Rapat dimulai sekitar jam 14.00. Setiap kelompok ditanya tentang kegiatan yang sudah dilakukan selama 1 minggu terakhir. Kelompok kami kebagian mencari dokumen KLA. Dan dikelompok kami telah mendapatkan Perda ESKA, tapi belum mendapat SK Walikota tentang KLA. Hasil masing-masing kelompok segera mengurus proposal sesuai dengan tugas masing-masing.

    Selasa, 24 Maret ’09. Mencari data di internet tentang SK Walikota yang berhubungan dengan KLA. Tetapi belum mendapat SK Walikota tersebut. Data tentang SK Walikota belum ditemukan.

    Rabu, 25 Maret ’09. Mengambil surat izin kepada Iin (Direktur) yang telah dibuat dikampus. Kemudian saya dan Galih pergi ke Balaikota untuk mencari data KLA sekitar jam 11.00. Dan kami menuju ke Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Di sana kami bertemu dengan Bu Maya Sasmita untuk menanyakan data-data KLA. Mendapatkan data-data tentang Keputusan Tim Pelaksana KLA, Rencana Aksi Pengembangan KLA dan Juklak Pengelolaan Taman Cerdas.

    Jumat, 27 Maret ’09. Mencari data Perda dan SK Walikota di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Kemudian mengurus perizinan di Kesbanglinmas dan Bapeda. Izin sudah jadi dan mendapat stempel dari Kesbanglinmas. Kegiatan selanjutnya merevisi proposal bersama anggota kelompok. Dan akhirnya proposal sudah jadi.

    Senin, 30 Maret ’09. Mencari data ke Balaikota Surakarta di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Mencari data di Bapermas dan memasukkan surat izin. Mendapat data matrik kegiatan Bapermas. Mendapat disposisi dari Bapermas.

    Selasa, 31 Maret ’09. Saya dan Galih mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya. Rapat dimulai sekitar jam 10.00. Segera melaksanakan tugas masing-masing ke lapangan dengan anggota kelompoknya.

    Selasa, 07 April ’09. Saya dan anggota kelompok lainnya pergi ke Balaikota Surakarta untuk mencari data sesuai dengan tugas terkait. Diberi data-data tentang SK Menteri Pemberdayaan Perempuan tentang Penetapan KLA, Perda ESKA, Nota Kesepakatan dalam Rangka Pengembangan KLA di Surakarta, Kebijakan Pengembangan KLA, Proposal Pelaksanaan dan Perlindungan Perempuan Anak, KLA Kota Surakarta, dan Matrix bidang Perlindungan. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah ke Bappermas untuk wawancara.

  • 20
    bekto galih
    April 14th, 2009 10:57

    NAMA : BEKTO GALIH
    NIM : D 0306017
    JUDUL : “Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta”.
    Jumat, 20 Maret 2009. Saya rapat kelompok membahas proposal, surat tugas, teknis mencari data dan konsultasi dengan dosen. Hasil kami sepakat membuat proposal dan melakukan pencarian data.
    Senin, 23 Maret ’09. Saya mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya. Rapat dimulai sekitar jam 14.00. Setiap kelompok ditanya tentang kegiatan yang sudah dilakukan selama 1 minggu terakhir dan membahas progres serta hambatan yang ditemui dan hambatan yang dihadapi. Kelompok kami kebagian mencari dokumen KLA. Dan dikelompok kami telah mendapatkan Perda ESKA, tapi belum mendapat SK Walikota tentang KLA. Hasil masing-masing kelompok segera mengurus proposal sesuai dengan tugas masing-masing serta menunggu proposal dan surat tugas jadi baru kita turun ke lapangan.
    Rabu, 25 Maret ’09. Mengambil surat izin kepada Iin (Direktur) yang telah dibuat dikampus serta mencari cap urat tugas di UCYD. Kemudian saya dan Yuliarto pergi ke Balaikota untuk mencari data KLA. Dan kami menuju ke Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Di sana kami bertemu dengan Bu Maya Sasmita untuk menanyakan data-data KLA. Hasilnya kami mendapatkan data-data tentang Keputusan Tim Pelaksana KLA, Rencana Aksi Pengembangan KLA dan Juklak Pengelolaan Taman Cerdas.
    Jumat, 27 Maret ’09. Mencari data Perda dan SK Walikota di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Kemudian mengurus perizinan di Kesbanglinmas dan Bapeda. Izin sudah jadi dan mendapat stempel dari Kesbanglinmas dan Bapeda. Kegiatan selanjutnya merevisi proposal bersama anggota kelompok. Dan akhirnya proposal sudah jadi.
    Senin, 30 Maret ’09. Mencari data ke Balaikota Surakarta di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Mencari data di Bapermas dan memasukkan surat izin. Hasilnya kami mendapatkan data matrik kegiatan Bapermas dan mendapat disposisi dari Bapermas.
    Selasa, 31 Maret ’09. Saya dan Yuliarto mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya untuk membahas proges kerja kelompok sampai dimana masing-masing kelompok mendapatkan data. Rapat dimulai sekitar jam 10.00. Hasilnya kelompok kami sepakat untuk mengkroscek data ke lembaga-lembaga terkait.
    Selasa, 07 April ’09. Saya dan anggota kelompok lainnya pergi ke Balaikota Surakarta untuk mencari data sesuai dengan tugas terkait. Diberi data-data tentang SK Menteri Pemberdayaan Perempuan tentang Penetapan KLA, Perda ESKA, Nota Kesepakatan dalam Rangka Pengembangan KLA di Surakarta, Kebijakan Pengembangan KLA, Proposal Pelaksanaan dan Perlindungan Perempuan Anak, KLA Kota Surakarta, dan Matrix bidang Perlindungan. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah ke Bappermas untuk konfirmasi wawancara yang tertunda.

  • 21
    Joko Teguh Prasetyo
    April 14th, 2009 11:37

    Nama : Joko Teguh Prasetyo
    NIM : D0306004
    Judul : Study Kota Layak Anak PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta)

    Di dalam komentar mengenai progres kelompok kami, saya sebagai anggota kelompok yang mendapatkan tema Kota Layak Anak tentang PTPAS(Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta) sudah melakukan beberapa proses kegiatan, diantara lain pada tanggal 26 Maret membantu membuat proposal pertama kelompok kami di kost saudara Yuni.

    Kemudian besoknya pada tanggal 27 Maret proposal itu dikonsultasikan kepada Pak Drajat Tri Kartono, dan terdapat beberapa kekurangan yang harus di benahi dan ditambahkan pada proposal kami. Kemudian proposal tersebut direfisi oleh ketua kelompok kami. Dan saya dengan tiga orang anggota kelompok kami pada tanggal 30 Maret, datang ke Balai Kota Surakarta untuk mencari informasi mengenai program kota layak anak khususnya mengenai PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta).

    Disana kami kebetulan bersama kelompok lain yang sudah mengerti alur birokrasi di tempat tersebut. Yang pertama kami harus ke KESBANGLINMAS dan kemudian setelah mendapatkan persetujuan dengan setempel atau cap kami ke BAPEDA kemudian baru ke BAPERMAS untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan kelompok mengenai informasi PTPAS.

    Karena kami disana tidak membawa proposal kami kembali. Kemudian saya pada hari jumat tanggal 3 April sekitar pukul 10.30 saya kembali ke Balai Kota Surakarta. Disana saya dengan dua anggota kelompok kami yang berbeda dari sebelumnya ke KESBANGLINMAS disana kami meninggalkan proposal dan surat ijin penelitian kami dan mendapatkan ijin. Kemudian kami melanjutkan ke BAPEDA disana kami juga harus meninggalkan proposal dan surat ijin penelitian, tapi karena kami hanya membawa proposal satu kami kembali.

    Saya pada hari Rabu tanggal 8April setelah ujian, saya ke yayasan KAKAK dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang kami butuhkan khususnya mengenai PTPAS, disana saya mendapatkan beberapa informasi mengenai PTPAS. dikarenakan saya tidak membawa surat tugas maka informasi yang saya dapatkanpun terbatas. Tetapi dengan adanya beberapa informasi yang saya dapatkan akan menjadikan progres kelompok kami kedepan menjadi lebih jelas dan juga masih membutuhkan beberapa proses kegiatan lagi.

    Dikarenakan kami harus mencocokan apa yang kami dapat diyayasan kakak maupun LSM dan lembaga yang terlibat dengan program Kota Layak Anak khususnya dengan PTPAS(Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta) sendiri.

    Sekian resume yang dapat saya berikan untuk memenuhi tugas mata kuliah mpe jurusan sosiologi FISIP UNS.

  • 22
    YEMIMA NOVISTY. A
    April 14th, 2009 12:16

    Nama : YEMIMA NOVISTY. A
    NIM : D0306069
    JUDUL : STUDI KOTA LAYAK ANAK, KIPPAS
    Berikut ini sedikit saya sampaikan kegiatan yang sudah saya lakukan dalam menyelesaikan tugas Metode Penelitian Evaluasi. Pada periode pertama saya tidak dapat mengikuti kegiatan seperti yang dilakukan oleh teman-teman kelompok saya dikarenakan saya masih berada di Bekasi karena ada acara keluarga yang harus saya hadiri. Saya pertama kali melakukan kegiatan hari selasa tanggal 31 Maret 2009 yaitu pertemuan dengan Ketua dari KIPPAS yaitu mbak Maya. Sebelum berangkat menuju pemkot, saya beserta dengan Esha dan Ema menunggu Ami dan Alief yang sedang mengadakan pertemuan dengan Mas Ramdhon. Setelah jam menunjukan hamper jam 12 siang, kami berangkat menuju pemkot larena kami sendiri janjian dengan Mbak Maya jam 12 siang. Setelah sampai di Pemkot, kami bersepakat bahwa yang masuk menemui Mbak Maya adalah Ami dan Alief. Setelah saya, Esha, dan Ema menunggu cukup lama, maka keluarlah Ami dan Alief dari kantor Pemkot. Dari pertemuan dengan Mbak Maya tersebut, kami mendapat sedikit data berupa Visi dan Misi dari KIPPAS, sejarah KIPPAS, perekrutan anggota dan lain-lain.
    Kegiatan selanjutnya yang saya lakukan yaitu hari Rabu tanggal 1 April 2009. Kami satu kelompok mengadakan pertemuan di rumah Esha untuk menyelesaikan proposal. Kegiatan penyelesaian proposal itu meliputi menambah isi dari proposal berupa profil Kota Solo yang lebih mendetail, deskripsi program, kata pengantar, dan tidak lupa rumusan masalah juga kami sertakan untuk menambah isi proposal. akhirny a selesai juga proposal yang kami buat, setelah itu kami mengirim proposal yang sudah kami buat ke email Mas Ramdhon. Dengan perut yang lapar kami pulang ke rumah kami masing-masing. Setelah malam harinya saya melihat kembali proposal yang siangnya saya save di flash disk untuk saya print. Setelah saya lihat dengan benar ternyata masih ada yang harus saya edit yaitu font huruf, halaman yang belum disertakan dan tidak lupa menulis halaman di daftar isi. Setelah selesai mengedit semuanya, lalu saya print untuk esoknya diperlihatkan ke Mas Ramdhon.
    Kegiatan selanjutnya yaitu kami berencana untuk bertemu kembali dengan mbak Maya guna mendapatkan data yang masih kami butuhkan. Akhirnya setelah disepakati kami janjian dengan Mbak Maya hari Senin tanggal 6 April 2009 di Taman Cerdas Jongke jam 1 siang. Setelah jam menunjukan jam 12 siang, Esha menjemput saya untuk menuju ke Taman Cerdas Jongke. Setibanya disana, saya bertemu dengan Ami dan Alief yang sudah berangkat duluan. Di sana kami disambut baik dan ramah oleh Mbak Maya. Setelah kami bersalaman, kami mengobrol sedikit tentang KIPPAS dengan mbak maya. Ternyata di sana juga salah satu anggota Forum Anak Surakarta (FAS). Jadilah disana kami juga sedikit mengobrol mengenai FAS. Di sana Mbak Maya memberi data-data yang kami perlukan seperti Surat Keputusan Dari Walikota, program-program KIPPAS periode baru, syarat menjadi anggota KIPPAS. Saya pikir obrolan dengan Mbak Maya bersifat formal dan tegang, ternyata saya salah, obrolan tersebut sangat santai juga menyenangkan. Setelah obrolan kami selesai dan kami mendapat data-data yang kami butuhkan, kami berpamitan pulang. Tidak lupa kami juga mendokumentasikan kegiatan yang kami lakukan, dan juga kami memfoto Taman Cerdas tersebut. Tidak lupa juga kami mengunjungi perputakaan yang ada di situ. Rencana kegiatan kami selanjutnya adalah manolah data yang kami dapat dari Mbak Maya.

  • 23
    julian surya
    April 14th, 2009 17:34

    Nama : Julian Surya
    Nim : D0306005

    PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak surakarta)

    Agenda kelompok adalah menyelesaikan proposal dan masalah perizinan ke dinas yang terkait. Pemerintah Kota, LSM Kakak, dan LSM lain yang berhubungan dengan PTPAS ini seperti LSM perempuan.
    Dua minggu yang lalu proposal sudah jadi dan sudah ke balai kota untuk mengurus perizinan,mencari data,dan informasi. Minggu kedepan untuk mengurus LSM-LSM mencari data dan informasi.Untuk penelitian kelompok kita jalan minggu setelah mid semester.

  • 24
    Bekto_Galih_P
    April 14th, 2009 17:46

    NAMA : BEKTO GALIH
    NIM : D 0305017
    JUDUL : “Studi Evaluasi Komprehensif Terhadap Legislasi Kota Layak Anak di Surakarta”.

    Jumat, 20 Maret 2009. Saya rapat kelompok membahas proposal, surat tugas, teknis mencari data dan konsultasi dengan dosen. Hasil kami sepakat membuat proposal dan melakukan pencarian data.

    Senin, 23 Maret ’09. Saya mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya. Rapat dimulai sekitar jam 14.00. Setiap kelompok ditanya tentang kegiatan yang sudah dilakukan selama 1 minggu terakhir dan membahas progres serta hambatan yang ditemui dan hambatan yang dihadapi. Kelompok kami kebagian mencari dokumen KLA. Dan dikelompok kami telah mendapatkan Perda ESKA, tapi belum mendapat SK Walikota tentang KLA. Hasil masing-masing kelompok segera mengurus proposal sesuai dengan tugas masing-masing serta menunggu proposal dan surat tugas jadi baru kita turun ke lapangan.

    Rabu, 25 Maret ’09. Mengambil surat izin kepada Iin (Direktur) yang telah dibuat dikampus serta mencari cap urat tugas di UCYD. Kemudian saya dan Yuliarto pergi ke Balaikota untuk mencari data KLA. Dan kami menuju ke Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Di sana kami bertemu dengan Bu Maya Sasmita untuk menanyakan data-data KLA. Hasilnya kami mendapatkan data-data tentang Keputusan Tim Pelaksana KLA, Rencana Aksi Pengembangan KLA dan Juklak Pengelolaan Taman Cerdas.

    Jumat, 27 Maret ’09. Mencari data Perda dan SK Walikota di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Kemudian mengurus perizinan di Kesbanglinmas dan Bapeda. Izin sudah jadi dan mendapat stempel dari Kesbanglinmas dan Bapeda. Kegiatan selanjutnya merevisi proposal bersama anggota kelompok. Dan akhirnya proposal sudah jadi.

    Senin, 30 Maret ’09. Mencari data ke Balaikota Surakarta di Setda Perlindungan Hukum dan HAM. Mencari data di Bapermas dan memasukkan surat izin. Hasilnya kami mendapatkan data matrik kegiatan Bapermas dan mendapat disposisi dari Bapermas.

    Selasa, 31 Maret ’09. Saya dan Yuliarto mewakili kelompok untuk mengikuti rapat MPE beserta kelompok yang lainnya untuk membahas proges kerja kelompok sampai dimana masing-masing kelompok mendapatkan data. Rapat dimulai sekitar jam 10.00. Hasilnya kelompok kami sepakat untuk mengkroscek data ke lembaga-lembaga terkait.

    Selasa, 07 April ’09. Saya dan anggota kelompok lainnya pergi ke Balaikota Surakarta untuk mencari data sesuai dengan tugas terkait. Diberi data-data tentang SK Menteri Pemberdayaan Perempuan tentang Penetapan KLA, Perda ESKA, Nota Kesepakatan dalam Rangka Pengembangan KLA di Surakarta, Kebijakan Pengembangan KLA, Proposal Pelaksanaan dan Perlindungan Perempuan Anak, KLA Kota Surakarta, dan Matrix bidang Perlindungan. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah ke Bappermas untuk konfirmasi wawancara yang tertunda.

  • 25
    Ronald
    April 15th, 2009 14:10

    NAMA : Ronald Junius IP
    NIM : D0306082
    Judul : Studi Kota Layak Anak ZoSS (Zona Selamat Sekolah)

    Jumat 20 Maret 2009 setelah mengikuti perkuliahan MPE dan mendapatkan pengarahan dari dosen pendamping, kelompok kami ditugaskan untuk mengevaluasi ZoSS (Zona Selamat Sekolah). Saya akan memaparkan beberapa kegiatan yang terkait tentang ZoSS di kota Surakarta. Kegiatan pertama saya adalah pada hari Minggu 22 Maret 2009 pukul 19.00 WIB saya melakukan browsing di Zero NET (Ketelan) untuk mencari bahan-bahan tentang ZoSS. Hasil yang saya peroleh adalah mendapat data-data dan informasi tentang Kota Layak Anak dan ZoSS. Selasa 24 Maret 2009 diputuskan untuk membuat Proposal tahap pertama di Rumah saya dari pukul 10.00-16.00 WIB yang dihadiri oleh Indah, Indra dan Wisnu. Kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah pada malam harinya saya menyusun Proposal Studi Kota Layak Anak-ZoSS (Zona Selamat Sekolah) di rumah.
    Jumat 27 Maret 2009 kami merevisi Proposal yang diantaranya masing kurangnya latar belakang dan teori-teori. Untuk pembuatan proposal penelitian telah disepakati oleh kedua kelompok untuk mengumpulkan bahan dan data, kedua kelompok yang mencari. Bahan-bahan yang terkait tentang ZoSS. Pembuatan proposal bersama pertama kali dilakukan dikost Yuni Hapsari yang berlokasi di belakang STSI. Setelah itu berkonsultasi dengan Mas Ramdhon di LPPM. Hasil yang kami peroleh ternyata masih terdapat kesalahan pada latar belakang dan teori-teori. Sabtu 28 Maret 2009 saya kembali browsing-browsing di Zero NET untuk mencari teori-teori yang berkaitan dengan ZoSS dan mencari buku-buku di Perpustakaan Pusat. Lusanya kami merevisi kembali Proposal tentang teori-teori yang digunakan dalam Proposal ini di Funny Frutty dari pukul 15.00-17.00 WIB yang dihadiri oleh kelompok kmi dan dari kelompok Yuni Hapsari. Akhirnya pada hari Jumat 3 April 2009 setelah perkuliahan MPE kami mengirimkan Email yang berisi tentang Proposal Studi Kota Layak Anak-ZoSS (Zona Selamat Sekolah) kepada Mas Ramdhon.
    Perkembangan terakhir dari kelompok kami adalah pada hari Selasa 7 April 2009 kami melakukan survey ZoSS (Zona Selamat Sekolah) di depan SD MADYATAMAN. Kami hanya mengamati lokasi tersebut. Kemudian, agenda kami selanjutnya mengenai penelitian Studi Kota Layak Anak-ZoSS (Zona Selamat Sekolah) adalah melakukan penelitian di lapangan dan mendapatkan data yang konkrit serta menyelesaikan penelitian ini sesuai dengan waktunya. Cukup sekian laporan kegiatan dari saya, mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih ada kesalahan dan kekurangan dalam kegiatan ini. Terima Kasih dan untuk anggota kelompok lainnya AYO SEMANGAT!!!!

  • 26
    Hanif
    April 15th, 2009 20:43

    Nama :Hanif Wahyu W
    NIM :D 0306037
    JUDUL : STUDI KOTA LAYAK ANAK (POSYANDU)
    Berikut ini adalah kegiatan saya selama mengikuti kuliah Metode Penelitian Evaluasi, kegiatan dimulai pada tanggal 20 maret 2009, telah kita setujui dengan kelompok lain mengenai tema penelitian yaitu tentang kota layak anak di kota Surakarta, yang kebetulan kelompok kami mendapatkan tema posyandu sebagai sarana penunjang kota layak anak di Surakarta. Pada saat itu juga saya dengan kelompok bermusyawarah membahas tentang penyusunan proposal, ketika membahas tentang penyusunan proposal kami juga berdiskusi dengan kelompok Aliedha cs. yang temanya sama tentang posyandu, setelah kami konsultasikan dengan mas Ramdhon, posyandu dibagi menjadi 2 yaitu posyandu balita dan posyandu 5 tahun keatas, kelompok kami mendapat bagian posyandu 5 tahun keatas. Pada hari berikutnya tanggal 21 maret 2009 saya dengan kelompok berkumpul di lobi FISIP untuk pembagian tugas anggota kelompok.
    Pada tanggal 22 maret 2009 saya dengan Amin mencari referensi proposal di area hotspot Fakultas Hukum. Pada tanggal 23 saya dan kelompok memulai pengerjaan proposal yang dipimpin ketua kelompok kami mas Suyanto karena semua bahan sudah kami serahkan padanya. Pada tanggal itu juga saya mendapatkan surat tugas penelitian dari Alida, tempat di kampus. Esok harinya tanggal 24 Maret 2009 surat tugas tersebut saya serahkan kepada Doni.
    Pada tanggal 27 maret 2009 jam 9 pagi saya dan semua kelompok menyempurnakan keseluruhan proposal untuk dikumpulkan kepada pak Drajat untuk dikonsultasikan. Selanjutnya tanggal 2 april 2009 saya dengan semua anggota kelompok menyesuaikan proposal dengan kelompok Aliedha cs. Setelah medapat peritah dari ketua kelompok untuk pembenahan proposal. Senin 6 April 2009 saya ke lab ucyd mencari Fatwa untuk meminta surat ijin dan stempel dari lab ucyd tapi tidak ketemu. Pada tanggal 7 april saya dengan Amin dan mas Suyanto memposting proposal. Selasa 13 April 2009 saya kembali ke lab ucyd mencari fatwa untuk minta surat ijin dan stempel dari lab ucyd dan akhirnya ketemu. Pada tanggal 14 april 2009 saya dan semua kelompok menyusun agenda individu untuk di posting, dan setelah itu Dony dan Ozzi ke Balaikota tetapi masih disuruh kembali lagi besok karena ada kesalahan sedikit dalam surat perijinannya. Rabu 15 April 2009 saya meminta stempel ke lab ucyd dengan surat perijinan yang sudah saya revisi.
    Untuk target ke depannya InsyaAllah kelompok kami akan segera turun kelapangan agar lebih cepat selesai, karena kelompok kami sudah agak ketinggalan.Terima Kasih…..

  • 27
    Hanif
    April 15th, 2009 20:45

    Nama; Suyanto Prasetyo
    Nim; D0306060
    Judul; Studi Kota Layak Anak (Posyandu sebagai sarana meningkatkan kesehatan anak)
    Berikut ini adalah kegiatan yang saya lakukan dalam kegiatan mata kuliah metode penelitian evaluasi , disini saya sebagai direktur kelompok (Suyanto Prasetyo) dan anggotanya adalah Dony setyawan M. Fachrurrozi Afuwat Amin W, Hanif Wahyu W, Dimas Satrio. Agenda yang sudah saya lakukan adalah Selasa 17 maret 09 pertemuan perdana di luar ruangan yaitu di LPPM UNS,ini perwakilan dari masing-masing kelompok, kemudian saya menindaklajuti pertemuan itu dengan segera mengadakan rapat kordinasi yaitu pada jum’at tgl 20 Maret 09 mengkoordinir anggota kelompok untuk menentukan tema, judul penelitian dan kelompok kami pada pertemuan sebelumnya dengan mas ramdhon dan kelompoknya alhieda mendapat bagian posyandu. Hasilnya saya membagi tugas meneliti dan memberi gambaran pada teman-teman tentang kinerja kedepannya serta menyuruh amin sama hanif mencari referensi tentang posyandu dan doni sama ozi ke balaikota minta data-data tentang program posyandu yang ada di kota Surakarta.
    Tanggal 22 maret 09 saya menerima bahan-bahan referensi dari hanif dan amin dan selanjutnya saya mulai menyusun proposal penelitian. Kegiatan tanggal 23 maret 09 saya berhalangan hadir sebab ada acara pertemuan dengan selesman dari jawa timur sehingga saya menugaskan amin untuk menghadiri pertemuan dengan mas ramdhon tapi sebelumnya sudah saya bekali agenda-agenda yang sudah kelompok kerjakan
    Jum’at tgl 27 maret 09, menyempurnakan proposal dan mengumpulkan data-data dan konsultasi. Senin tgl 30 maret 09, saya memperbaiki proposal yang sudah diajuakan sebab mengalami kekurangan isi dan ada beberapa point yang harus di hilangkan kerana tidak perlu untuk dicantumkan dalam proposal kamis tgl 2 April 09, menyamakan proposal yang baku dengan kelompoknya alhida, sebab penelitiannya sama yaitu posyandu. Jum’at 3 April 09 rapat lagi di lobi fisip dan kemudian memberikan intruksi pada m.fohcrurozi dan doni untuk segera minta data ke dinas social dibalai kota Surakarta. Tgl 7April 09 saya mempostingkan proposal bersama amin dan hanif serta doni dan ozi ke balai kota Surakarta. Tangl 14 april saya menyusun kegiatan pribadi untuk dipostingkan
    Untuk rekomendasinya pasca mid kami akan segera menindak lanjuti data yang sudah kami peroleh untuk segera melakukan evaluasi program. Mohon doa restunya….!!!!!!!!!!

  • 28
    Hanif
    April 15th, 2009 20:47

    Nama :Afuwat Amin W.
    NIM :D 0306075
    JUDUL : STUDI KOTA LAYAK ANAK (POSYANDU)
    Berikut ini adalah kegiatan saya selama mengikuti kuliah Metode Penelitian Evaluasi, semua kegiatan dimulai ketika pada tanggal 20 maret 2009 telah kita setujui dengan kelompok lain mengenai tema penelitian yaitu tentang kota layak anak di kota Surakarta, yang kebetulan kelompok kami mendapatkan tema posyandu sebagai sarana penunjang kota layak anak di Surakarta. Pada saat itu juga saya dengan kelompok bermusyawarah membahas tentang penyusunan proposal, ketika membahas tentang penyusunan proposal kami juga berdiskusi dengan kelompok Aliedha cs. yang temanya sama tentang posyandu, setelah kami konsultasikan dengan mas Ramdhon, posyandu dibagi menjadi 2 yaitu posyandu balita dan posyandu 5 tahun keatas, kelompok kami mendapat bagian posyandu 5 tahun keatas. Pada hari berikutnya tanggal 21 maret 2009 saya dengan kelompok berkumpul di lobi FISIP untuk pembagian tugas anggota kelompok.
    Pada tanggal 22 maret 2009 saya dengan hanif mencari referensi proposal di area hotspot Fakultas Hukum. Dan pada tanggal 23 maret 2009 diadakan pertemuan rutin dengan mas Ramdhon Di LPPM, pada saat itu saya yang menghadirinya karena kebetulan ketua kelompok kami berhalangan datang dan disitu saya melaporkan perkembangan proposal kelompok kami mengenai posyandu. Pada saat itu pengerjaan proposal ada pada ketua kelompok kami mas Suyanto karena semua bahan sudah kami serahkan padanya.
    Pada tanggal 27 maret 2009 jam 9 pagi saya dan semua kelompok menyempurnakan keseluruhan proposal untuk dikumpulkan kepada pak Drajat untuk dikonsultasikan. Tetapi proposal kami belum selesai pak Drajat sudah pulang dari kampus. Dan akhirnya malamnya jam 8 malem saya dengan M.Fachrorrzi mengumpulkan proposal ke rumah mas Ramdhon,yang sebelumnya saya sudah ke rumah pak Drajat tetapi disuruh mengumpulkan ke mas Ramdhon. Selanjutnya tanggal 2 april 2009 saya dengan semua anggota kelompok menyesuaikan proposal dengan kelompok Aliedha cs. Setelah medapat peritah dari ketua kelompok untuk pembenahan proposal. Pada tanggal 7 april saya dengan Hanif dan mas Suyanto memposting proposal, sedangkan Dony dengan Ozzi mencari surat tugas untuk terjun ke lapangan dan hari itu juga mereka ke balaikota untuk mencari data-data tetapi tidak dapat. Pada tanggal 14 april 2009 saya dan semua kelompok menyusun agenda individu untuk di posting, dan setelah itu Dony dan Ozzi ke Balaikota tetapi masih disuruh kembali lagi besok.
    Untuk target ke depannya InsyaAllah kelompok kami akan segera turun kelapangan agar lebih cepat selesai, karena kelompok kami sudah agak ketinggalan. Ayo berjuang..!!!!!!!!!!!

  • 29
    wenny graciani
    April 16th, 2009 09:47

    Nama : Wenny Graciani
    NIM : D0306063
    Judul : Studi Kota Layak Anak ( Forum Anak Surakarta )
    Berikut adalah rincian agenda kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dimulai dari minggu ke-3 bulan Maret 2009, yaitu pada tanggal 20 Maret 2009, seusai perkuliahan melakukan rapat kelompok, mengkoordinasi pembagian tugas individu pukul 09.00 wib di ruang 5 Fisip UNS. Dari rapat tersebut, saya bertugas mencari data tentang FAS, melalui browsing di Area Hot Spot, Fisip UNS. Dan data yang saya peroleh berupa macam-macam kegiatan yang dilakukan FAS, blog khusus FAS dan contact person yang dapat dihubungi. Dan pada tanggal 24 Maret 2009, saya beserta Sinung, Iin, indah membahas penyusunan proposal penelitian di Perpustakaan Fisip pukul 08.45 wib, dan mencari buku-buku yang bisa dijadikan referensi.
    Setelah itu pada hari Jumat, 27 Maret 2009 atas instruksi dari Pak Drajat, tidak ada perkuliahan, karena sebagian dan hampir seluruh kelompok, belum menyelesaikan proposal, oleh karena itu jam perkuliahan dimanfaatkan untuk menyelesaikan proporsal penelitian, dan ditunggu sampai pukul 09.00 wib untuk melakukan konsultasi pada beliau di Lab. UCYD, sehingga saya dan teman-teman segera menyelesaikan proposal tersebut dan diprint di rental, tetapi karena keterbatasan waktu, proposal kelompok kami belum sempat di konsultasikan karena Pak Drajat sudah tidak ada ditempat.
    Dan pada Selasa 31 Maret 2009, saya dan Novita mewakili ketua kelompok yang berhalangan, untuk datang ke pertemuan di Depan Menwa pukul 09.30 wib, dengan agenda mendapat pengarahan dari Pak Ramdhon, berkaitan dengan susunan-susunan proposal yang benar. Sebelum pertemuan berakhir, saya dan Novita mengkonsultasikan proposal kami, dan sebagian sudah tepat, tetapi masih perlu perbaikan di bagian metodologi dan kekurangan pada landasan teori. Dan perkembangan terakhir, kelompok kami sudah melakukan survey ke empat FAS pada Minggu 12 April 2009 lalu,untuk berbincang-bincang dan mendapat informasi lebih lanjut tentang FAS iu sendiri, dan agenda selanjutnya belum didiskusikan oleh kelompok kami, berhubung sedang sibuk mid semester.

  • 30
    iinung
    April 16th, 2009 11:10

    Nama : INDAH ASTUTI
    NIM : D 0306041
    Judul : Studi Kota Layak Anak, ZoSS (Zona Selamat Sekolah)
    Dalam tugas mata kuliah metode penelitian evauasi yang bertemakan Kota Layak Anak di Surakarta kelompok kami memperoleh jatah untuk meneliti tentang “Zona Selamat Sekolah” di Sd Madyotaman. Selaku ketua kelompok, pada hari Rabu,tanggal 18 Maret saya memerintahkan kepada anggota kelompok yang lain untuk browsing tentang zona selamat sekolah untuk diajukan pada pertemuan berikutnya dengan Mas Ramdhon dan Pak Drajat. Pada hari kamis,tanggal 19 Maretnya saya juga pergi ke warnet untuk browsing mencari info apapun tentang zona selamat sekolah. Dan pada tanggal yang sama pula kelompok kami berkumpul di depan ruang jurusan untuk menentukan apa yang akan kami angkat tentang zona selamat sekolah itu.
    Pada hari senin,tanggal 23 Maret saya sebagai perwakilan kelompok menemui Mas Ramdhon untuk mengkonsultasikan masalah perkembangan kelompok kami, bersamaan dengan konsultasi terkait dengan proposal kelompok yang akan kami buat. Pada hari selasa,tanggal 24 Maret kelompok kami mulai menyusun proposal penelitian di rumah sdr.Ronald berdasarkan data-data yang telah kami dapat dan kumpulkan sebelumnya via internet. Pada hari jum’at,tanggal 27 Maret jam 8pagi di R.5 saya sebagai perwakilan kelompok datang menemui Mas Ramdhon untuk mengkonsultasikan proposal penelitian yang telah kami buat sebelumnya, dan masi terdapat beberapa hal yang perlu direvisi, antara lain latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, teori dan populasi. Pada hari itu juga kami diperintahkan untuk memperbaiki proposal kami dan harus diserahkan kepada Pak Drajat pada hari itu juga ditunggu sampai jam 9 malam di rumah Pak Drajat. Pada pagi itu juga kami langsung berbagi tugas bersama dengan kelompok zona selamat sekolah yang lain (yaitu kelompok Yuni Hapsari). Setelah semua bahan yang diperlukan terkumpul kami memperbaiki proposal kelompok kami di kost sdri.Sari. setelah proposal selesai kami kelompok zona selamat sekolah pergi ke rumah Pak Drajat untuk mrngkonsultasikan proposal kami, tapi ternyata Pak Drajat tidak ada di rumah, setelah dihubungi via telefon Pak Drajat menyuruh untuk menyerahkan proposal tersebut kepada Mas Ramdhon. Setelah menghubungi Mas Ramdhon via telefon kami sepakat untuk menemui Mas Ramdhon di LPPM. Setelah bertemu dengan Mas Ramdhon proposal kami masih perlu dilakukan revisi terkait dengan korelasi teori tentang kota. Juklis dan penambahan pada latar belakang masalahnya, dan ditunggu paling lambat hari Selasa, tanggal 31 Maret.
    Pada hari Senin, tanggal 30 Maret 2 kelompok zona selamat sekolah sepakat untuk mengerjakan proposal penelitian bersama di Funny Fruity. Setelah proposal selesai pada hari Selasa, tanggal 31 Maret saya sebagai perwakilan kelompok kembali bertemu dengan Mas Ramdhon di depan Menwa untuk berkonsultasi. Pada hari itu juga saya ditemani dengan Sari dan Septi pergi ke Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meminta juklis Zona Selamat Sekolah. Namun karena kurang lengkapnya persyaratan surat-surat yang kami bawa maka Dishub menolaknya. Pada malam harinya via sms saya memerintahkan sdr Herly untuk membuat surat-surat yang akan kami ajukan ke Dishub keesokan paginya. Dan hingga sekarang kelompok kami masih menunggu juklis dari Dishub. Pada hari Rabu, tanggal 8 April kelompok kami melakukan pra penelitian di SD Madyotaman. Kelompok kami meminta ijin untuk melakukan pengamatan kepada pihak sekolah. Kegiatan tersebut kami lakukan untuyk melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan sebelum kami melakuan penelitian nantinya.

  • 31
    Ipho Adhita W
    April 16th, 2009 13:59

    Nama : Ipho Adhita W
    Nim : D0306044
    Judul : Study Kota Layak Anak Surakarta, Taman Cerdas
    Untuk mata kulian Metode Penelitian Evaluasi, kelompok kami mendapat tugas untuk melakukan penelitian evaluasi terhadap adanya Taman Cerdas di Gandekan. Kita akan mengevaluasi program, implementasi serta dampak dari adanya Taman Cerdas tersebut. Untuk itu, kelompok kami sepakat untuk membuat proposal penelitian yang akan digunakan untuk mengevaluasi program, implementasi serta dampak dari Taman Cerdas tersebut. Ada dua kelompok yang melakukan evaluasi di Taman Cerdas yaitu kelompoknya Rafita, untuk itu kelompok kami besera kelompok Rafita sepakat bahwa proposal yang digunakan sama akan tetapi lokasi penelitiannya berbeda.
    Pada awal pembuatan proposal, kita mengalami kesulitan yaitu dibagian teori serta metode yang akan digunakan. Kita masih bingung karena metode penelitian kualitatif berbeda dengan metode penelitian evaluasi, untuk itu kita mencoba mencari buku diperpustakaan FISIP. Akhirnya masalah tentang metode yang digunakan mulai dapat dipecahkan. Sedangkan teorinya, kita menggunakan teori psikologi anak dan teori tindakan social. Akan tetapi setelah dikonsultasikan ternyata teori yang digunakan masih kurang, akhirnya kita menambahkan teori pemberdayaan.
    Setelah proposal dan ijin penelitian disetujui oleh dosen pembimbing, rencananya kita akan langsung terjun dilokasi Taman Cerdas untuk mengevaluasi program, implementsi serta dampaknya agar dapat secepatnya diselesaikan. Lokasi Taman Cerdas antara kelompok kami dan kelompok Rafita berbeda, akan tetapi proposal yang digunakan tetap sama.

  • 32
    pradina puspita manasari
    April 16th, 2009 14:02

    nama:pradina puspita manasari
    nim:d0306080
    judul:kota layak anak surakarta (Forum Anak Surakarta)
    kegiatan yang sya ikuti dengan teman-teman kelompok saya adalah pada tanggal 12 april pada pukul 09:00 kami pergi ke taman pintar dimana taman itu adalah tempat anak-anak FAS berkumpul untuk mengadakan kegiatan, pada saat itu adalah tepat hari minggu dimana anak-anak pada usia sekolah libur dan kami juga mengikuti seluruh kegiatan dengan FAS
    mulai dari kegiatan bermain sampai kegiatan analisi suatu masalah,.
    pada kesempatan itu kami juga bertanya tentang FAS dan manfaat anak-anak yang berda dalam FAS.
    hanya itu sementara kegiatan yang saya ikuti

  • 33
    Ahaddian Tegar P
    April 16th, 2009 14:07

    Nama : Ahaddian Tegar P
    NIM : D0306015
    Judul : Study Kota Layak Anak Surakarta,Taman Cerdas
    Untuk mata kulian Metode Penelitian Evaluasi, kelompok kami mendapat tugas untuk melakukan penelitian evaluasi terhadap adanya Taman Cerdas di Gandekan.. Untuk itu, kelompok kami sepakat untuk membuat proposal penelitian yang akan digunakan untuk mengevaluasi program, implementasi serta dampak dari Taman Cerdas tersebut. Ada dua kelompok yang melakukan evaluasi di Taman Cerdas yaitu kelompoknya Rafita, untuk itu kelompok kami besera kelompok Rafita sepakat bahwa proposal yang digunakan sama akan tetapi lokasi penelitiannya berbeda. Kami berencana membuat proposal yang sama dengan kelompok rafita yang juga meneliti taman cerdas,kami menyusun latar belakang masalah, tujuan, manfaat, perumusan masalah. Proposal belum bisa diselesaikan dan akan dilanjutkan dihari berikutnya.
    Tim kami bersama Tim Rafita menyusun metode penelitian yang akan dipakai dalam penelitian evaluasi di Taman Cerdas.Untuk menyempurnakan proposal penelitian. Kami menyusun latar belakang masalah, tujuan, manfaat, perumusan masalah, teori dan metode penelitian.
    Langkah selanjutnya adalah konsultasi proposal kepada Pak Ramdhon agar segera bisa turun ke lapangan.Masih banyak hal yang perlu di revisi oleh karena itu dengan gerak cepat kami langsung diskusikan dan kami perbaiki proposal terutama pada landasan teori yang dinilai kurang oleh dosen pembimbing.

  • 34
    Rohmi Rahmawati
    April 16th, 2009 15:13

    Nama : Rohmi Rahmawati
    Nim : D0306081
    Judul : Studi Kota Layak Anak-ZOSS (zona selamat sekolah)Jl.Veteran
    Pada tugas penelitian MPE mengenai kota layak anak,kelompok saya mendapat bagian mengenai zona selamat sekolah atau ZOSS.ZOSS dibagi 2 kelompok,kelompok saya mendapat Zoss yang berada di SD AL-Islam 2 Jamsaren.berikut ini kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan,Jum’at 20 maret 2009,saya dan teman-teman kelompok saya mendapat pengarahan pembuatan proposal oleh pak Drajat,hasilnya kelompok saya mendapat bagian untuk mengadakan penelitian mengenai ZOSS yang ada di SD AL-Islam Jamsaren.senin 23 maret 2009,saya berkumpul dengan kelompok diloby kampus untuk melakukan pembagian tugas,saya mendapat tugas membuat kata pengantar dan diskripsi program.selasa 24 maret saya mencari bahan diwarnet,setelah mendapat bahan tentang ZoSS saya langsung mengerjakan tugas saya.rabu 25 maret 2009 saya berkumpul dengan teman-teman kelompok saya untuk mengabungkan tugas menjadi satu,setelah itu saya dan teman-teman kelompok saya meninjau lokasi penelitian kami yang berada di SD AL-Islam2 Jamsaren.dan saya melakukan sedikit pra penelitian.Jumat 27 maret 2009,saya dan teman-teman kelompok saya melakukan konsultasi proposal yang telah dibuat dan hasilnya diperlukan sedikit revisi,setelah itu saya dan teman-teman kelompok memperbaiki proposal di tempat kos sari setelah selesai memperbaiki proposal saya ber sama kelompok mengkonsultasikan proposal di tempatnya pak ramdhon yang bertempat LPPM.jumat 3 april 2009 sehabis kuliah MPE saya dan teman saya agnes pergi ke warnet utuk mengirim file proposal yang telah jadi kepada pak ramdhon.senin 6 april 2009 saya dan teman-teman kelompok saya ke ZoSS yang berada di Jln.Veteran SD Al – Islam 2 jamsaren,saya bersama kelompok saya meminta izin kepada penggurus sekolah untuk mendapatkan izin penelitian,setelah itu kami dipertemukan dengan guru BP SD tersebut saya dan kelompok saya melakukan wawancara dengan guru BP tetapi guru BP tidak mengetahui tentang program ZoSS kelompok kami sangat kecewa dan meminta izin untuk pulang,dan kelompok kami melakukan diskusi hasinya kelompok kami akan kembali lagi ke ZoSS Jl.Veteran untuk melakukan penelitian.

  • 35
    sinung rejeki
    April 16th, 2009 15:47

    Nama : Sinung Rejeki
    NIM : D 0306057
    Judul :”Studi Kota Layak Anak Di Surakarta (Forum Anak Surakarta)
    Selasa, 17 Maret 2009 pembagian tema perkelompok. Kelompok kami mendapat bagian meneliti FAS (Forum Anak Surakarta ) dari pertemuan ni kami mendapat banyak keterangan tentang program Pemerintah tentang Kota Layak Anak, Jumat 20 Maret 2009, membahas format penyusunan proposal penelitian, kami jadi mengetahui perihal penyusunan proposal yang baik dan benar. Senin, 23 Maret 2009, menjelaskan tentang mekanisme terjun ke lapangan. Dari pertemuan ini, kami mengetahui langkah-langkah apa yang harus kami ambil untuk mengawali penelitian di lapangan. Selasa 24 Maret 2009, pembagian tugas penyusunan proposal penelitian. Masing-masing anggota mempunyai tugas sendiri, sehingga proposal dapat cepat diselesaikan. Rabu 25 Maret 2009, Browsing tentang FAS. Dari browsing tersebut kami mendapatkan data mengenai visi, misi dan agenda kegiatan FAS. Jumat 27 Maret 2009, Kuliah dan batas terakhir pengumpulan proposal penelitian.
    Minggu 12 April 2009, Mengunjungi Taman Cerdas yang ada di Pajang (Kesekretariatan FAS) untuk mengadakan pertemuan ( Wawancara ) dengan pengurus FAS. Kebetulan hari itu bertepatan dengan acara Reorganisasi FAS. Kami mengikuti acara dari awal, yaitu jam 09.30 sampai jam 12.00 siang. Disana kami juga mengikuti proses diskusi yang diikuti oleh anak-anak FAS dengan tema-tema pembahasan yang lumayan berbobot dan berkaitan dengan hak-hak anak yang harus terpenuhi. Dengan diskusi semacam ini kita dapat melihat bahwa anak-anak tersebut mulai memberikan kontribusi untuk menyukseskan program Kota Layak Anak, dengan memberikan ide-ide/gagasan-gagasan mereka dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh anak-anak di Surakarta.
    Untuk agenda Kedepan, kami akan kembali menemui pengurus FAS untuk mengetahui lebih lanjut informasi tentang apa saja yang telah didapatkan oleh anggota-anggota FAS dan juga daftar anggota maupun pengurus FAS yang tetap.

  • 36
    iin suryaningsih
    April 16th, 2009 15:50

    NAMA : IIN SURYANINGSIH
    NIM : D 0306040
    JUDUL :”STUDI KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA (FORUM ANAK SURAKARTA)
    Jumat 20 Maret 2009, kuliah bersama Pak Drajat dan Mas Romdon. membahas format penyusunan proposal penelitian, kami jadi mengetahui perihal penyusunan proposal yang baik dan benar. Dan ditiap kelompok diberikan waktu untuk membahas tema-tema penelitian masing-masing ( kelompok saya membahas FAS /Forum Anak Surakarta ) Senin, 23 Maret 2009, saya dan direktur rapat Di Taman depan Menwa bersama Mas Romdhon yang isinya menjelaskan tentang mekanisme terjun ke lapangan. Dari pertemuan ini, kami mengetahui langkah-langkah apa yang harus kami ambil untuk mengawali penelitian di lapangan. Selasa 24 Maret 2009, saya, Weni, Indah dan Sinung Hotspotan di Fisip buat nyari bahan Proposal MPE, setelah itu dilanjutkan dengan pembagian tugas penyusunan proposal penelitian di Perpustakaan Fisip. Masing-masing anggota mempunyai tugas sendiri, sehingga proposal dapat cepat diselesaikan.
    Rabu 25 Maret 2009, Browsing tentang FAS. Dari browsing tersebut kami mendapatkan data mengenai visi, misi dan agenda kegiatan FAS. Jumat 27 Maret 2009, Kuliah dan batas terakhir pengumpulan proposal penelitian. Selanjunya saya mencoba nenghubungi pihak FAS, dan Alhamdulillah direpon oleh pihak tersebut. Sabtu 28 Maret, Saya mencoba menghubungi lagi pihak FAS, dan akhirnya saya dianjurkan untuk menemui Ibu Kris, beliau adalah pegawai Di DKRPP, kemudian saya pun menghubungi temen-temen untuk menyiapkan pertemuan dengan pihak FAS.
    Tanggal 20 April 2009, teman-teman terjun kelapangan tempatnya di Taman Cerdas Pajang untuk wawancara dengan anggota FAS. Dalam agenda tersebut, saya tidak bisa ikut untuk ketemu dengan anggota FAS karena rumah jauh banget. Untuk agenda Kedepan, kami akan kembali menemui pengurus FAS untuk mengetahui lebih lanjut informasi tentang apa saja yang telah didapatkan oleh anggota-anggota FAS dan juga daftar anggota maupun pengurus FAS yang tetap.

  • 37
    aldila
    April 17th, 2009 05:51

    Nama : Aldila Prima P
    NIM : D 0306017
    Judul : Studi Kota Layak Anak di Surakarta, Posyandu

    Berikut ini adalah kegiatan penelitian MPE yang sudah saya lakukan selama ini dimulai pada awal maret yaitu minggu pertama, saya browsing data di internet tentang Kota Layak Anak hasilnya saya menemukan banyak sekali data-data mengenai program-program yang diterapkan pada kota layak anak. Keesokan harinya hasil browsing tersebut akan dipresentasikan di depan kelas. Tanggal 18 Maret 2009 melakukan koordinasi kelompok untuk mencari data mengenai posyandu, karena kelompok kami mendapatkan bagian tema tersebut. Setelah menemukan data-data tentang posyandu, semua anggota kelompok berkumpul dan mendiskusikannya.
    Kegiatan minggu keempat di bulan maret adalah pembuatan proposal, saya mendapatkan bagian untuk membuat latar belakang. Sayapun mencari buku-buku yang berkaitan dengan posyandu untuk referensi diperpustakaan pusat tetapi hasilnya nihil, saya tidak mendapatkan buku yang saya cari. Selanjutnya saya browsing lagi untuk mencari data mengenai posyandu di Kota Surakarta dan sayapun mendapatkan data-data tersebut walaupun masih kurang lengkap. Tanggal 26 maret 2009, semua anggota kelompok berkumpul untuk menyatukan semua proposal menurut bagian masing-masing. Dalam menyusun proposal kelompok kami merasa kurang puas dan akan dilanjutkan keesokan harinya. Satu kelompok berkumpul lagi untuk melakukan revisi proposal yang sudah dibuat kemarin karena hari ini adalah batas akhir pengumpulannya. Sore harinya proposal kami serahkan pada Mas Rhamdhon ditempat Sdr.Bondan untuk dicek.
    Minggu kelima di bulan maret, tepatnya tanggal 30 maret 2009 semua anggota kelompok menghadap mas Rhamdhon untuk konsultasi mengenai proposal program posyandu kami di LPPM. Hasilnya sudah bagus tetapi masih ada yang perlu dilengkapi mengenai program-program posyandunya. Keesokan harinya kelompok kami berencana mengunjungi balai kota atau Dinas Kesehatan Surakarta tetapi rencana ini batal dikarenakan kelompok kami belum mempunyai surat ijin penelitian.
    Setelah kami melakukan koordinasi dengan teman satu kelompok akhirnya tanggal 16 april 2009 kelompok kami turun kelapangan untuk memperoleh data-data mengenai posyandu. Kami hanya datang berempat karena direktur kami sedang sakit dan tidak bisa ikut, kami mendatangi posyandu Leli yang merupakan salah satu posyandu yang berada di daerah Mojosongo. Kebetulan pada saat itu posyandu sedang dilaksanakan dan kami melihat pelaksanaannya secara langsung. Salah satu kader memberikan informasi yang sangat berguna mengenai posyandu Leli ini. Rencana selanjutnya kami akan ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta untuk memperoleh data primer mengenai posyandu.

  • 38
    AGUS PRASTYO
    April 17th, 2009 06:52

    NAMA : Agus prastyo
    N I M : D0306014
    Judul : Kota Layak Anak ”Posyandu”

    Dalam kontrak kuliah MPE telah disepakati mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan tema ”KOLANAK” Kota Layak Anak. Setelah terbentuk kelompok, saya mencari data-data yang berhubungan dengan Kota Layak Anak yakni data mengenai PAUD dan Taman Cerdas, dsb. Kemudian saya mencari data-data tersebut dengan browsing di internet. Seminggu kemudian (13 Maret 2009) dalam perkuliahan hasilnya dipresentasikan oleh ketua kelompok. Dalam presentasi tersebut diperoleh inti mengenai permaqsalahan dan hal-hal yang berkaitan dengan Kota Layak Anak yang akan dijadikan tema penelitian tiap kelompok. Kelompok saya mendapatkan tema Posyandu Balita. Setelah mendapat tema ini, kelompok kami melakukan koordinasi untuk mencari data-data yang berkaitan dengan Posyandu.
    Kemudian untuk target selanjutnya kelompok saya membuat proposal yang akan menunjang dalam pelaksanaan penelitian dilapangan nantinya, tugas saya untuk pembuatan Proposal kelompok adalah membuat metodologi penelitian. Dalam proses pembuatannya semua kelompok selalu konsultasi dan dibimbing oleh Dosen supaya hasilnya benar. Lalu langkah selanjutnya yakni pembuatan surat ijin penelitian yang dalam proses karena masih disibukkan dengan Mid semester, yang akan diselesaikan setelah Mid semester.
    16 April ’09 Jam15.30-selesai Saya beserta kelompok mendatangi pelaksanaan Posyandu di daerah Mojosongo untuk mencari informasi terkait dengan Posyandu, saya melakukan interview atau bertanya tentang beberapa point pada salah satu kader disitu dan sementara yang lain mencatat uraian jawaban atau informasi yang diberikan, dan saya beserta kelompok berhasil mendapatkan data atau informasi terkait dengan posyandu secara umum dan pelaksanaan posyandu setempat, saya kira dari data yang saya peroleh masih belum cukup kuat untuk mengevaluasi Program posyandu secara umum karena data itu bersifat sekunder. Maka target kami selanjutnya akan berusaha mencari data primer

  • 39
    DESTA ARIYANI A.
    April 17th, 2009 06:58

    NAMA : DESTA ARIYANI ASTUTI
    N I M : D0306029
    JUDUL :P OSYANDU

    Tema Kota Layak Anak disepakati sebagai tema kuliah MPE. Setelah terbentuk kelompok, saya mencari data-data yang berhubungan dengan Kota Layak Anak yakni data mengenai PAUD, teman cerdas, eksploitasi seksual pada anak, UU Perlindungan Anak, dsb. Kemudian saya mencari data-data tersebut melalui internet dan pada (13 Maret 2009) hasilnya dipresentasikan oleh ketua kelompok. Dalam presentasi tersebut diperoleh point-point penting mengenai Kota Layak Anak yang akan dijadikan tema penelitian masing-masing kelompok. Kelompok saya mendapatkan tema penelitian Posyandu Balita. Setelah mendapat tema ini, kelompok kami melakukan koordinasi untuk mencari data-data yang berkaitan dengan Posyandu. Saya kembali pergi ke warnet untuk mencari data-data yang dibutuhkan. Hasil yang saya peroleh yakni kegiatan Posyandu dan pengertian Posyandu. Hasil yang kami dapatkan dijadikan sebagai bahan acuan untuk proposal. Pada tanggal 20 Maret 2009 kelompok kami melakukan koordinasi untuk membuat proposal.
    Pada tanggal 23 Maret saya bersama Putri mewakili kelompok untuk konsultasi pada Pak Ramdhon. Dalam konsultasi tersebut membahas kemajuan kelompok, arahan untuk rumusan masalah, dan lokasi penelitian haruslah lokasi yang kegiatan Posyandunya berjalan aktif dan efektif. Hasil ini kemudian saya lapoprkan pada direktur kelompok. Dalam koordinasi kelompok tanggal 24 Maret 2009 disepakati untuk pembagian tugas masing-masing kelompok membuat proposal. Saya mendapat bagian menyusun teori. Teori yang saya gunakan dalam proposal penelitian kelompok kami adalah teori system Talcott Parsons dari buku Sosiologi Kesehatan karangan Solita Sarwono. Tanggal 26 Maret kami menyusun proposal namun proposal yang kami buat dirasa masih banyak kekurangan. Keesokan harinya proposal dikumpulkan.
    Karena proposal yang kami buat masih perlu perbaikan maka kami memutuskan untuk konsultasi kembali dengan Pak Ramdhon. Dalam konsultasi tersebut proposal kami pada umumnya sudah baik, hanya saja terus diperbaiki terus. Kami juga memperoleh arahan untuk ke Dinas Kesehatan agar mendapatkan data mengenai program Posyandu. Tanggal 31 Maret direncanakan mengunjungi Dinas Kesehatan namun tidak jadi dilakukan karena kami belum membuat surat keterangan penelitian. Kami melakukan koordinasi lagi tanggal 3 April membahas mengenai bagaimana cara memperoleh data Posyandu dan kami sepakat untuk mengunjungi posyandu secara langsung, namun tanggal kunjungan belum kami tentukan karena menunggu informasi jadwal Posyandu di Kelurahan Mojosongo agar kami bisa menyesuaikan.
    Setelah mendapat inormasi jadwal posyandu, kami mengunjungi Posyandu Rt 01 Rw 17 Kelurahan Mojosongo pada tanggal 16 April 2009. disana kami mengamati kegiatan posyandu dan mewawancarai salah satu kader Posyandu. Informasoi yang kami dapatkan antara lain program Posyandu yang terddiri dari penimbangan balita, program makanan tambahan, dan pemberian vitamin A setahun dua kali serta imunisasi PIN.. Posyandu yang kami kunjungi sudah melaksanakan kegiatan rutin selama 22 tahun dan berjalan efektif. Namun informasi yang kami peroleh belum cukup kuat sehingga kami harus mencari informasi lain lagi mengenai Posyandu, terutama Posyandu yang ada di kelurahan Mojosongo.
    Untuk rencana kedepan kami akan mencari data primer Posyandu, dengan Dinas Kesehatan dan mengunjungi Posyandu-Posyandu lain di Mojosongo. Saya ingin temen2 tetep semangan buat nyelesein penelitian ini.

  • 40
    indra wijaya
    April 17th, 2009 10:27

    NAMA : Indra Wijaya
    NIM : D0306043
    Judul : Studi Kota Layak Anak ZoSS ( Zona Selamat Sekolah)
    Yang telah saya lakukan dalam mata kuliah Metode Penelitian Evaluasi adalah mencari dan mengumpulkan pengertian, data-data, konsep-konsep, dan artikel-artikel yang mendukung program Zona Selamat Sekolah (ZoSS) pada tanggal 22 Maret 2009. Kemudian saya beserta teman-teman satu kelompok bekerja sama membuat proposal penelitian mengenai Zona Selamat Sekolah ini secara bertahap yakni pada tanggal 24,27,30 Maret 2009. Saya dan teman-teman sudah beberapa kali mengkonsultasikan proposal kami dan proposal kami masih terdapat beberapa hal yang kurang dan salah, seperti pada perumusan masalah, landasan teori, dan daftar pustaka. Dan setelah melakukan beberapa kali revisi akhirnya proposal kelompok saya selesai juga. Setelah proposal kami selesai, setelah itu saya dan teman-teman mengirim proposal kami melalui e-mail pada tanggal 3 April 2009. kemudian kami pun segera mengurus berbagai surat-surat kelembagaan yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian kelompok saya (seperti: surat tugas, surat permohonan ijin penelitian).
    Kemudian kami juga telah mengajukan surat-surat tersebut ke Departemen Perhubungan Surakarta, akan tetapi Departemen Perhubungan Surakarta belum memberikan konfirmasi yang jelas. Pada tanggal 7 April 2009 saya dan teman-teman satu kelompok juga sudah melakukan pengamatan terhadap Zona Selamat Sekaloh yang berlokasi di Sekolah Dasar Madyataman, Banjarsari, Surakarta. Selain itu kami juga telah meminta ijin dan mengajukan surat tugas penelitian kami kepada pihak Sekolah Dasar Madyataman dan pihak mereka telah menyetujui surat ijin kami untuk melakukan peneliitian ini di Sekolah Dasar tersebut. Selain itu saya juga beberapa kali hadir dalam pertemuan rutin dengan Mas Romdon, di dalam pertemuan rutin ini membahas beberapa hal yang dibutuhkan dan memeperlancar penelitian Solo Kota Layak Anak.
    Untuk jangka ke depan kami harus membuat rencana untuk segera menyelesaikan urusan surat permohonan ijin penelitian ke Departemen Perhubungan Surakarta agar kami dapat segera mendapatkan dokumen-dokumen dan juklis tentang Zona Selamat Sekolah supaya kami dapat segara melakukan pemelitian dan evaluasi. Sehingga penelitian kami dapat segara selesai sesuai batas waktu dan target. Terima kasih atas perhatiannya dan maaf apabila ada kesalahan dalam kegiatan dan laporan saya ini. Salam Super untuk kita semua….

  • 41
    putri
    April 17th, 2009 11:04

    nama: Putri Dwi Adhitya
    nim: D0306008
    judul: Kota Layak Anak “posyandu”
    Pembentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Tugas penelitian in tentang Kota Layak Anak. Minggu pertama tanggal 6 Maret pukul 15.00 wib, mencari data mengenai Kota Layak Anak di warnet Atma Bhakti. Data-data Kota Layak Anak yang telah dicari kemudian dipresentasikan pada tanggal 13 Maret saat jam perkuliahan MPE, diwakili oleh ketua kelompok. Dengan presentasi tersebut saya tahu banyak tentang Kota Layak Anak.
    Kelompok saya mendapatkan tema Posyandu. Tanggal 18 Maret 2009 ketua kelompok memberi tugas untuk mencari data mengenai posyandu dan setiap anggota mendownload lembar kerja dari blog Pak Ramdhon. Pada tanggal 19 Maret 2009 pukul 19.00 wib saya mencari data-data mengenai Posyandu. Data-data posyandu yang telah dicari dikumpulkan sebagai bahan menyusun proposal kelompok. Lembar kerja diisi semua kegiatan selama satu minggu.
    Dalam penyusunan proposal, pada tanggal 20 Maret 2009 pukul 13.00 wib ketua mengkoordinasi tiap anggota untuk menyusun tugas yang telah dibagi, saya mendapat tugas menyusun rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Tanggal 24 Maret 2009 pukul 20.00 wib saya mulai menyusun rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Setelah selesai menyusun tugas masing-masing dikumpulkan tanggal 26 Maret 2009 kepada ketua kelompok dan kemudian disusun bersama menjadi proposal kelompok. Proposal tersebut kemudian dikumpulkan kepada dosen pengampu pada tanggal 27 Maret 2009 pukul 16.00 wib. Masih ada perbaikkan pada teori dan diskripsi program, setelah berkonsultasi tanggal 30 Maret 2009 di LPPM. Kelompok saya sudah melakukan pra suvei di Posyandu “LELY” di Mojosongo pada tanggal 16 April 2009 pukul 16.00 wib, kami memantau sejauh mana kegiatan di Posyandu tersebut dan sedikit bertanya tentang kegiatan Posyandu.

  • 42
    wisnu maulana
    April 17th, 2009 11:40

    Nama : Wisnu Maulana
    Nim : D0306066
    Judul : Studi Kota Layak Anak, ZoSS (Zona Selamat Sekolah)
    Pada tanggal 20 Maret 2009, saya browsing-browsing di Warnet bagong untuk mencari semua data yang berhubungan dengan ZoSS dari definisi ZoSS sampai tingkat kecelakaan yang terjadi di wilayah ZoSS. Setelah semua data yang di perlukan terkumpul dari semua anggota kelompok, maka pada tanggal 24 Maret 2009 diputuskan untuk membuat Proposal tahap pertama di Rumah Ronald junius IP dari jam 10.00-16.00 WIB yang dihadiri oleh Indah, Indra, Wisnu, dan Ronald tentunya.
    Pada tanggal 27 Maret 2009 kami merevisi Proposal yang telah kami buat dirumah ronald bersama kelompok Yuni Hapsari di kosnya, setelah berkonsultasi dengan Mas Ramdhon tentunya. Kami memfokuskan pada teori-teori yang masih kurang dalam Proposal ini. Sore harinya kami bermaksud mengkonsultasikannya dengan bapak Djarat, tetapi Beliau ada halangan sehinga kami mengonsultasikannya kembali kepada Mas Ramdhon di LPPM dan hasilnya masih terdapat kesalahan pada latar belakang dan teori.
    Pada tanggal 28 Maret 2009 saya kembali browsing-browsing di Warnet bagong untuk mencari teori-teori yang berkaitran dengan ZoSS. Keesokkan harinya kami merevisi kembali Proposal tentang teori-teori yang digunakan dalam Proposal ini di Funny Frutty dari jam 15.00-17.00 WIB yang dihadiri oleh Indah, Indra, Ronald, wisnu, dan dihadiri pula oleh kelompok Yuni Hapsari karena memiliki masalah yang sama dengan kelompok kami. Pada tanggal 3 April 2009 kami mengirimkan Email yang berisi tentang Proposal kepada Mas Ramdhon. Dan perkembangan terakhir dari kelompok kami adalah pada tanggal 7 April 2009 kami survey di SD Madyataman

  • 43
    tiwuk
    April 17th, 2009 14:18

    Nama : Tiwuk Adinala DA
    NIM : D0306061
    Judul : Study Kota Layak Anak “ Taman Cerdas Di Mojosongo”

    Di bawah ini merupakan beberapa rangkaian kagiatan yang saya lakukan selama saya mengikuti mata kuliah MPE (Metode Penelitian Evaluasi) dan semua hal yang menyangkut tugas dari mata kuliah tersebut.
    Kegiatan dimulai pada hari Jum’at 20 Maret 2009 jam 7 pagi, yang kegiatan awal adalah kuliah dari Metode Penelitian Evaluasi, tetapi pada waktu itu digunakan sebagai kegiatan kumpul bareng sesuai dengan tema yang sudah ditentukan awalnya. Tema yang diperoleh kelompok saya yaitu “TAMAN CERDAS”. Tema tersebut sesuai dengan salah satu kelompok yang lain yaitu kelompok Vita. Dalam perkumpulan tersebut disepakati oleh kedua belah pihak bahwa proposal yang akan diajukan sama, tetapi dengan lokasi yang berbeda dan disepakati juga kelompok Vita di daerah Mojosongo sedangkan kelompok saya di daerah Pajang. Dalam pembuatan Proposal membutuhkan waktu yang relatif lama, karena sedikitnya bahan yang diperoleh masing-masing kelompok, sehingga bahan yang ada diminta oleh Ditto untuk pembuatan latar belakang, sedangkan kelompok kita mendapat tugas mencari teori-teori yang sesuai dengan metode penelitian evaluasi yang berkaitan dengan Taman Cerdas.
    Kegiatan selanjutnya yaitu hari Senin 23 Maret 2009 jam 15.30, menemani Rafita ke kos temannya meminjam buku mengenai teori-teori yang akan digunakan, yang kegiatan tersebut berlanjut pada hari yang sama tetapi pada waktu yang berbeda yaitu 18.30 berkumpul dikos Bondan untuk menyatukan bahan yang didapat oleh personil untuk pembuatan proposal selanjutnya. Pada pertemuan tersebut dicapai 30% pembuatan proposal.
    Setelah itu berlanjut hari Selasa 24 Maret jam 12.30, berkumpul dikos Bondan untuk membahas hasil survei yang dilakukan oleh Bondan dan Rafita di Taman Cerdas Majosongo. Dalam pertemuan tersebut, hasil survei dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan proposal dan sebagai gambaran kedepan bagaiman penelitian nantinya. Kegiatan tersebut berlanjut dikos Ditto jam 16.00, berkumpul dengan kelompok Vita yang rencana awalnya adalah penyatuan proposal atau bahan yang sudah didapay dari masing-masing kelompok. Tetapi dalam pertemuan tersebut tidak seperti yang sudah direncakan, karena kurang kesiapan dari kelompoknya Vita.
    Pada minggu kedua kegiatan selanjutnya hari Jum’at 27 Maret 2009 jam 9 di kos Bondan, semua anggota kelompok beserta kelompok Vita berkumpul untuk menyelesaikan proposal yang belum 100% jadi, karena pada waktu itu deadline pengumpulan proposal jam 9 malam ditunggu dirumah Bp. Drajat. Proposal jadi jam 7 malam dan diserahkan langsung oleh mas Ramdhon.
    Kegiatan selanjutnya hari Selasa 31 Maret 2009 jam 9.30 di depan Menwa. Saya dengan Rafita perwakilan kelompok untuk pertemuan rutin dengan mas Ramdhon, bersama dengan kelompok lain juga, dimana pada pertemuan tersebut membahas mengenai proposal yang sudah dikumpulkan. Bagi yang kurang tepat proposalnya mendapat pengarahan dari mas Randhon dan diminta untuk memperbaikinya.
    Setelah itu kegiatan berlanjut pada Rabu 1 April 2009 di kos Bondan, untuk memperbaiki proposal dan hasil yang didapat yaitu proposal suda selesai dan siap dikirim ke mas Ramdhon.
    Setelah itu, dalam dua minggu terakhir ini kegiatan dihentikan karena sedang mengikuti ujian mid semester. TERIMA KASIH, , , , sukses buat kelompok saya. AMIN.

  • 44
    Tatick
    April 17th, 2009 14:19

    NAMA : SRI HARTATI
    NIM : D0306059
    JUDUL : Study Kota Layak Anak “Taman Cerdas Di Mojosongo”

    Berikut ini adalah sedikit gambaran kegiatan yang saya lakukan selama perkuliahan MPE mengenai tugas penelitian tentang Kota Layak Anak. Kelompok kami mendapat bagian tentang Taman cerdas. Kebetulan tema kami sama dengan kelompok Vita, pada tanggal 20 maret 2009 kami berdiskusi dengan kelompok tersebut dan akhirnya kami memutuskan untuk membuat satu proposal saja. Kelompok kami mendapat bagian membuat teori dan metodologi penelitian. kelompok kami memutuskan melakukan penelitian di Taman Cerdas Mojosongo sedangkan kelompok Vita di Gandekan. Disini kami mencari data-data yang berkaitan dengan pembuatan taman cerdas baik dari Buku-buku maupun browsing internet. Saya dan nuning mencari bahan di perpustakaan fisip sedangkan rafita dan tiwuk meminjam buku ke kakak tingkat.
    Setelah data-data diperoleh kami berkumpul di kost bondan untuk membuat proposal penelitian. Dalam pertemuan tersebut kami belum dapat menyelesaikan semua. Kami belum memperolaeh teori mana yang akan digunakan dan metode apa yang akan digunakan. Pada tanggal 24 maret 2009, rafita dan bondan survey ke taman cerdas mojosongo untuk mengetahui keadaan disana. Sedangkan saya dan nuning mencoba menyelesaikan proposal. Pada sore harinya kelompok kami berkumpul dengan kelompok vita untuk melanjutkan proposal namun dalam pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil sebab kurangnya kesiapan dari kelompok vita. Pada tanggal 31 maret 2009 kami berkumpul lagi dengan kelompok vita, pada pertemuan tersebut proposal dapat diselesaikan. Setelah proposal dikumpulkan ternyata proposal tersebut di revisi, pada tanggal 1 april 2009 kami merevisi proposal di kost Bondan. Setelah proposal di setujui, kami akan terjun ke lapangan.
    Dalam dua minggu terakhir ini kami memending semua kegiatan penelitian karena terbentur adanya UTS. Agenda yang akan kami lakukan selanjutnya adalah terjun ke lapangan guna mendapatkan data-data yang akan digunakan untuk membuat laporan hasil penelitian.

  • 45
    Nuning
    April 17th, 2009 14:21

    Nama : Sri Hanuning
    NIM : D0306058
    Judul : Study Kota Layak Anak Taman Cerdas Mojosongo.
    Berikut saya paparkan hasil kegiatan saya selama perkuliahan MPE.
    Pada Jumat 20 Maret 2009 (Ruang 5) berdiskusi dengan kelompok lain yang mendapat tema sama yaitu Taman Cerdas untuk pembagian tugas dalam pembuatan proposal karena dua kelompok ini disarankan untuk membuat satu proposl saja.
    Dalam pembuatan proposal ini sangat membutuhkan waktu yang lama karena minimnya bahan yang dimiliki sehingga saya dan kelompok harus berusaha lebih dalam penyelesaiannya. Wakyu yang di dibutuhkan dari tanggal 23 Maret-2 April 2009 untuk menyelesaikan proposal. Dalam penyelesaian proposal saya mendapatkan tugas untuk mencari bahan-bahan dari buku, Sehingga pada tanggal 23 Maret saya pergi ke perpustakaan FISIP untuk mencari buku-buku dan saya mendapatkan buku tentang teori-yeori yang akan dipakai serta bahan untuk definisi konsep. Masalah perijinan juga menjadi tugas saya tetapi ternyata dalam pelaksanaanya saya belum melakukan apa-apa karena saya banyak dibantu oleh kelmpok lain (makasih buat kelompok Lida he2..), karena saya terima jadi. Pada Selasa tanggal 14 April 2009 proposal telah jadi dan dikumpulkan, tapi kemugkinan untuk direvisi lagi juga belum tahu sampai sekarang karena belum mendapatka acc dari pak Drajat.
    Progres kedepan meski proposal belum 100% jadi saya akan terjun kelapangan bersama kelompok saya untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata tentang bagaiman dan apa itu Taman Cerda Di Mojosongo. Dalam Tugas MPE ini saya mencoba untuk mengimbangkan antara teori di dalam kelas dagan penelitian di lapangan agar hasil yang dicapai lebih cepat. Progres setelah ujian mid ini selesai saya bersama kelompok akan melakukan penelitioan dan mu;ai menyusun laporan hasil penelitian. Semoga target yang saya rencanakan akan sesuai dengan kenyataan..Semangat dan berjuang apa pun yang terjadi.. TERIMAKASIH! !

  • 46
    rafita
    April 17th, 2009 14:23

    Nama : Rafita Sri Rejeki
    NIM : D0306052
    Judul : Study Kota Layak Anak “ Taman Cerdas Di Mojosongo”
    Dibawah ini saya akan memaparkan beberapa kegiatan yang terkait dengan tugas mata kuliah MPE (Metode Penelitian Evaluasi) :
    Hari jumat tanggal 20 Maret 2009, jam 7.00 pagi di ruang 5 saya mengikuti perkuliahan MPE. Dan pada waktu kuliah, tiap-tiap kelompok yang sudah terbentuk kumpul untuk rencana pembuatan proposal penelitian yang akan dilaksanakan. Kebetulan saya dan kelompok kumpul bersama kelompok vita dan kawan-kawan karena mendapat isu yang sama yaitu mengenai Taman Cerdas.
    Senin, 23 Maret 2009 jam 15.30 sore saya ditemani Tiwuk pergi ke kos Mas Dafir untuk meminjam buku tentang teori yang akan digunakan. Selanjutnya hari Selasa, 24 Maret 2009 jam 10.00 saya dan Bondan survei ke Taman Cerdas Mojosongo untuk melihat keadaan di sana dan dan mencari informasi yang terkait dengan Taman cerdas di sana. Di sana kita mendapat informasi mengenai pendirian Taman Cerdas, bagaimana pengelolaannya dan apa saja yang yang terdapat di sana. Setelah itu saya dan semua anggota kelompok kumpul di kos Bondan jam 12.30 untuk membahas hasil survei yang telah didapatkan. Dari hasil tersebut kami jadikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan proposal dan sebagai gambaran untuk penelitian ke depan. Dan jam 16.00 sore saya dan semua anggota serta kelompok vita kumpul di kos Dito untuk menggabungkan bahan proposal yang telah di dapat dari masing-masing kelompok.
    Jumat, 27 Maret 2009 jam 9.00 pagi di kos Bondan saya dan semua anggota kelompok dengan kelompok Vita menyelesaikan proposal. Selasa, 28 Maret 2009 jam 9.30 di depan Menwa saya dan Tiwuk bersama perwakilan kelompok lain ketemuan rutin membahas proposal yang telah dikumpulkan, dan bagi yang kurang mendapat pengarahan untuk memperbaikinya. Rabu 1 April 2009 jam 12.00 siang semua anggota kelompok bersama kelompok Vita memperbaiki proposal yang sudah jadi. Kamis 2 April 2006 di kos Nuning saya, Tatik, Nuning, Vita dan Dita menambah kekurangan dari proposal yang sudah jadi. Dan Selanjutnya saya dan kelompok memutuskan untuk pending semua kegiatan penelitian karena mid semester. Terimakasih…,

  • 47
    Bondan
    April 17th, 2009 15:10

    Nama : BONDAN SEJIWAN BA
    NIM : D0306027
    Judul : Study Kota Layak Anak “ Taman Cerdas Di Mojosongo”
    Pada hari jumat tanggal 20 Maret 2009, jam 7.00 pagi di ruang 5 saya mengikuti perkuliahan MPE. Dan pada waktu kuliah, tiap-tiap kelompok yang sudah terbentuk kumpul untuk rencana pembuatan proposal penelitian yang akan dilaksanakan. Kebetulan saya dan kelompok kumpul bersama kelompok novita (kelompok lain yang juga meneliti taman cerdas ) dan kawan-kawan karena mendapat isu yang sama yaitu mengenai Taman Cerdas.
    Hari Selasa, 24 Maret 2009 sekitar jam 10.00 saya ditemani Rafita survei ke Taman Cerdas Mojosongo untuk melihat keadaan di sana dan dan mencari informasi yang terkait dengan Taman cerdas di sana. Di sana saya mendapat informasi mengenai pendirian Taman Cerdas, tingkat antusias anak terhadap taman cerdas bagaimana pengelolaannya dan apa saja yang yang terdapat di sana. Setelah itu saya dan semua anggota kelompok kumpul di kos Saya kurang lebih jam 12.30 untuk membahas hasil survei yang telah didapatkan. Dari hasil tersebut kami jadikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan proposal dan sebagai gambaran untuk penelitian ke depan. Dan jam 16.00 sore saya dan semua anggota serta kelompok vita (kelompok lain yang juga meneliti taman cerdas ) kumpul di kos Dito untuk menggabungkan bahan proposal yang telah di dapat dari masing-masing kelompok.
    Jumat, 27 Maret 2009 jam 9.00 pagi di kos saya semua anggota kelompok saya dengan kelompok Vita (kelompok lain yang juga meneliti taman cerdas ) menyelesaikan proposal. Rabu 1 April 2009 jam 12.00 siang saya dan semua anggota kelompok saya bersama kelompok Vita (kelompok lain yang juga meneliti taman cerdas ) memperbaiki proposal yang sudah jadi. Dan Selanjutnya saya dan kelompok memutuskan untuk pending semua kegiatan penelitian karena mid semester.

    TERIMAKASIH…

  • 48
    Agnes denis nur o
    April 17th, 2009 18:23

    Nama :Agnes denis nur o
    Nim : D0306081
    Judul : Studi Kota Layak Anak-ZOSS (zona selamat sekolah)Jl.Veteran
    berikut ini kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan minggu ke 3 di bulan maret,Jum’at 20 maret 2009,saya dan kelompok saya mendapat pengarahan pembuatan proposal oleh pak Drajat,hasilnya kelompok saya mendapat bagian untuk mengadakan penelitian mengenai ZOSS yang ada di SD AL-Islam Jamsaren.senin 23 maret 2009,saya berkumpul dengan kelompok untuk melakukan pembagian tugas,saya mendapat tugas membuat latar belakang,malamnya saya ke warnet mencari bahan latar belakang tentang ZoSS.selasa 24 maret saya di rumah mengerjakan tugas latar belakang proposal.rabu 25 maret 2009 saya berkumpul dengan kelompok saya untuk mengabungkan tugas menjadi satu,setelah itu saya dan teman-teman kelompok saya meninjau lokasi penelitian kami yang berada di SD AL-Islam2 Jamsaren.dan saya melakukan sedikit pra penelitian.Jumat 27 maret 2009,saya dan kelompok saya melakukan konsultasi proposal yang telah dibuat dan hasilnya diperlukan sedikit revisi,setelah itu saya dan kelompok memperbaiki proposal di tempat kos sari setelah selesai memperbaiki proposal saya ber sama kelompok mengkonsultasikan proposal di tempatnya pak drajat tapi pak drajat tidak ada dirumah lalu salah satu teman saya menelepon pak drajat dan suruh ngumpulin proposal da tempatnya pak ramdhon yang bertempat LPPM.jumat 3 april 2009 sehabis kuliah MPE saya dan teman saya rohmi pergi ke warnet untuk mengirim file proposal yang telah jadi kepada pak ramdhon.senin 6 april 2009 saya dan teman-teman kelompok saya ke ZoSS yang berada di Jln.Veteran SD Al – Islam 2 jamsaren,saya bersama kelompok saya meminta izin kepada penggurus sekolah untuk mendapatkan izin penelitian,setelah itu kami dipertemukan dengan salah satu guru SD tersebut saya dan kelompok saya melakukan interviu dengan guru tetapi guru tersebut tidak mengetahui tentang program ZoSS,setelah itu kelompok saya pulang dan berdiskusi hasilnya kelompok saya akan melakukan penelitian lagi.

  • 49
    vieta
    April 17th, 2009 19:48

    Nama : Novita Rinindiya
    NIM : D 0306051
    judul : Study Kota Layak Anak “Taman Cerdas Gandekan”

    MPE merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan tugas lapangan kepada para mahasiswanya.
    tugas lapangan mata kuliah ini adalah mengevaluasi program. dan telah disepakati bersama bahwa program yang dievaluasi adalah program KOta Layak Anak yang ada di kota Surakarta. dan telah disepakati dengan dosen pendamping bpk. Aramdhon kelompok saya mendapat tugas untuk mengevaluasi program yang ditetapkan, pelaksanaan program serta dampak program dari taman cerdas. karena di kota Surakarta ini telah terdapat 6 tempat yang telah terdapat taman cerdasnya maka ditunjuk dua kelompok untuk mengadakan evaluasi taman cerdas.
    yaitu kelompok saya dan kelompok rafita. untuk mempermudah maka kami sepakat untuk menggunakan satu proposal saja dan mengerjakannya secara bersama.
    pada tanggal 20 Maret seusai kuliah MPE di ruang 5 kami melakukan rapan kecil untuk menentukan langkah-langkah apa yang akan dilakukan serta penentuan job description masing-masing anggota kelompok. dari rapat itu disepakati bahwa kita akan kumpul bersama lagi pada tanggal 24 Maret 2009 untuk mengerjakan proposal dengan membawa materi latar belakang masalah serta teori-teori yang berkaitan dengan Taman cerdas di kost salah seorang anggota kelompok yaitu dikost Dito.
    ternyata tidak cukup satu kali pertemuan untuk dapat menyelesaikan proposal. diputuskan tanggal 26 Maret akan kumpul lagi dan mengerjakan proposal di kost Bondan, saat mengerjakan ternyata kami mengalami kesulitan di metodologi dan teori, karena buku teori kurang lengkap, kami pending besuk. 27 Maret bertemu lagi untuk menyemprnakan proposal untuk nanti dikumpulkan kepada bpk. Aramdhon. setelah dikoreksi oleh bpk. Aramdhon proposal kami masih ada yang perlu direvisi yaitu mengenai teori dan metodologi.
    untuk itu diperlikan buku-buku untuk reverensi. buku-buku yang digunakan antara lain buku psikologi. pemberdayaan.
    berhubung berbenturan dengan MID semester maka saya dan kelompok sepakat untuk memending tugas lapangan MPE nie sampai dengan MID selesai.
    progres setelah MID akan mengurus surat-surat tugas yang akan digunakan ke lapangan saat evaluasi, setelah itu melakukan evaluasi di taman Cerdas GAndekan. target awal juni baik penelitian maupun hasil penelitian telah selesai.
    terima kasih……….

  • 50
    indah werdy
    April 18th, 2009 10:36

    nama: indah werdiningrum
    NIM:D 0306042
    JUDUL: FORUM ANAK SURAKARTA (FAS)
    Berikut ini saya paparkan kegiatan dalam 3bulan terakhir berhubungan dengan mata kuliah metode penelitian evaluasi. Dimana dalam perkuliahan ini kami melakukan studi evaluasi mengenai kota layak anak. Untuk itu agenda yang pertama kali dilakukan adalah pembagian kelompok. Anggota kelompok saya adalah sinung, iin surya, novita, pradiana dan wenny. Setelah kelompok terbentuk agenda selanjutnya adalah saya mengikuti rapat untuk menentukan pembagian sub bab dari study kota layak anak. Dan kelompok kami mendapat bagian untuk focus terhadap evaluasi mengenai FAS (FORUM ANAK SURAKARTA).
    Setelah sub bab ditentukan saya, novita, wenny mulai mencari informasi tentang FAS Mulai dari keberadaan fas dan kontac person yang dapat dihubungi melalui browsing internet. Yang kemudian iin dan sinung menghubungi kontak person dari fas untuk menjadwalkan agenda pertemuan guna mendapatkan data mengenai FAS yang lebih lengkap. Sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan maka pada hari Senin 06 april 2009 saya bertemu dengan anggota FAS ( Ipien dan Vika ) beserta mbak Maya (KIPPAS) dalam pertemuan ini memperoleh informasi mengenai kegiatan fas yaitu Agenda terdekat fas adalah rapat anggota (regenerasi).
    Taman cerdas, Minggu 12 april 2009.saya dan 3 anggota kelompok ( novita, sinung, dina ) menghadiri rapat anggota FAS dengan agenda pembentukan struktur kepengurusan fas yang baru. Dengan mengikuti rapat ini kami dapat melihat bagaimana partisipasi anak-anak dalam FAS, seberapa besar antusiasme mereka akan FAS, serta manfaat apa yang anak-anak dapat dengan menjadi anggota FAS. Setelah mengikuti rapat anggota tersebut kami berencana untuk dapat membuat suatu kegiatan bersama dengan anggota FAS guna mendapatkan gambaran lebih jelas seberapa besar manfaat dan pengaruh keberadaan FAS bagi anak-anak.

  • 51
    Septi Wahyu Riyanti
    April 18th, 2009 12:32

    Nama : Septi Wahyu Riyanti
    NIM : D 0306056
    Judul : Study Kota Layak Anak

    Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang saya lakukan minggu ke-3 bulan Maret.
    Pada tanggal 20 Maret saya dan kelompok saya mendapat pengarahan tentang proposal yang akan kelompok kami buat mulai dari format hingga judul. Proposal Penelitian dan kelompok kami mendapat bagian Zoss Jalan Veteran. Jumat tanggal 27 Maret konsultasi
    Proposal penelitian tentang Zoss kepada bapak Romdhon dan ternyata proposal kami masih kurang di bagian latar belakang dan teori , setelah itu tanggal 30 Maret kami memperbaiki proposal penelitian jam 13.30 – selesai. Tanggla 31 Maret jam 09.30 – selesai saya dan temen saya kumpul di MenWa untuk evaluasi proposal penelitian masing-masing kelompok penelitian. Setelah pertmuan selesai saya dan temen saya serta 1 orang dari kelompok Zoss jalan Gajah Nada pergi ke Dinas Perhubunganguna meminta data tentang Zoss.

  • 52
    lida
    April 18th, 2009 16:56

    Aliedha Noorrafisa P
    D 0306018
    Tema : Studi Kota Layak Anak di Surakarta
    POSYANDU -Mojoso
    Pada mata kuliah MPE ini, ditentukan tema penelitian Kota LAyak Anak Di Surakarta.
    Setelah mendapatkan tema, kemudian kami melakukan pembagian tugas, saya bertindak sebagai direktur kelompok. Pada minggu pertama perkuliahan saya bersama teman-teman mulai melakukan pencarian data tentang kota layak anak di website yang berkaitan dengan tema, seperti kotalayakanak.org, kakak.org, dan sebagainya. Data-data yang diperoleh tersebut kemudian saya kumpulkan dan saya presentasikan –mewakili kelompok- pada perkuliah MPE tanggal 13 Maret 2009.
    Selanjutnya kelompok nkami mendapatkan subtema posyandu balita. Pada tanggal 18 Maret, saya mengkoordinir teman-teman kelompok untuk mencari data tentang posyandu balita di koat Solo, apa programnya, siapa saja yang berkaitan dengan program tersebut, serta bagaimana dampaknya. Saya juga memberi tahu teman-teman tentang kewajiban mengisi logbook kelompok dan lembar kerja yang dapat di download di blog MPE. Setelah mendapatkan data tentang posyandu –meskipun belum lengkap- kami menyusun proposal penelitian, saya membagi tugas kepada teman-teman kelompok untuk membuat proposal. Tanggal 26 Maret 2009 kami menyusun dan menyelesaikan proposal penelitian untuk dikonsultasikan pada dosen pembimbing keesokan harinya. Namun, setelah dikonsultasikan proposal tersebut masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Sehingga kami memeprbaiki kembali dan dikumpulkan lagi pada tanggal 27 Maret 2009 pk 16.00 WIB. Tanggal 31 Maret 2009, saya membagi kelompok menjadi 2 delegasi, satu delegasi mengunjungi kantor FKKP, delegasi yang lain mencari informasi di Dinas Kesehatan Solo. Saya dan putri mendapat bagian ke FKKP (Forum Komunikasi Kader Posyandu). Namun teman-teman yang lain tidak dapat mencari informasi ke Dinkes, karena kami belum mendapatkan surat ijin penelitian. Berdasarkan wawancara dengan petugas FKKP, kami mendapatkan nomor salah satu kader posyandu di kota solo. Kami cukup lama berwawancara namun tidak mendapatkan data yang memadai, dikarenakan kami tidak dapat bertemu langsung dengan ketua FKKP.
    Pada perkuliahan selanjutnya, kami menetukan deadline pembuatan proposal, disepakati bahwa penelitian dapat dimulai pada bulan April selama dua bulan (sampai Mei). Proposal yang telah diedit harus dikirimkan via email kepada dosen pembimbing paling lambat tgl 04 April 2009.
    Setelah pembuatan proposal selesai, saya dan teman-teman kelompok menjadwalkan untuk segera terjun lapangan. Saya mendapatkan informasi, pada tgl 16 Maret 2009 pukul 4 sore, kegiatan posyandu diselenggarakan di salah satu RW di Mojosongo. Saya mengkoordinir teman-teman untuk terjun lapangan dan mewawancarai beberapa pengurus posyandu. Namun ternyata pada saat hari H pelaksanaan posyandu, saya tidak dapat mengikuti karena sakit.berdasarkan laporan teman-teman, ternyata data yang diperoleh tidak begitu memuaskan. Sehingga saya berencana mengkoordinir teman-teman kelompok untuk langsung ke Dinas Kesehatan dank ke Kelurahan Mojosongo agar dapat diketahui berapa jumlah posyandu di Mojosongo dan siapa saja pengurusnya. Sehinggga penelitian dan wawancara yang dilakukan dapat berjalan efektif dan efisien.

  • 53
    sugenx
    April 18th, 2009 21:54

    Sugeng Santoso
    D 0305062
    Tema : Studi Lota Layak Anak (Zona Selamat Sekolah)
    Salam Sejahtera…
    Pada kuliah MPE, saya mendapat kelompok dengan tema Kota Layak Anak mengenai Zona Selamat Sekolah. Di kelompok ini saya mendapat tugas untuk mencari surat ijin penelitian dan Juklak serta Juknis di Dishub.
    Pada tanggal 6 April 2009, saya memasukkan surat permohonan kepada Dishub untuk mendapatkan Juklak&Juknis mengenai program ZoSS, sebelum saya ke Dishub saya pergi ke DPRD untuk menemui anggota komisi III Bpk. William supaya untuk mendapatkan Juklak&Juknis tersebut bisa lebih mudah. Setelah itu saya pergi ke Dishub, kemudian saya disuruh kembali pada tanggal 7 April 2009. Tanggal 7 April 2009 saya ke Dishub untuk mengambil Juklak&Juknis, tetapi pihak Dishub mengatakan bahwa surat permohonan kami belum di disposisi. tanggal 9 April 2009 saya kembali lagi ke Dishub tetapi belum juga jadi. Karena kesabaran saya sudah habis maka saya minta tolong herly kurniawan untuk mengambilnya, ternyata juga belum jadi.
    sambil menunggu data dari Dishub, saya mencari-cari mengenai ZoSS lewat internet.
    Sekian laporan dari saya…

  • 54
    muslih
    April 18th, 2009 23:45

    Nama : MUSLIH MUTTAQIN
    Nim : D0306049

    Judul : Studi Kota Layak Anak di Surakarta-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
    Kegiatan penelitian MPE yang sudah saya kerjakan dimulai dari pembagian tugas pada kelompok saya yang dilakukan pada hari Jum’at 20 Maret 2009 terus setelah kuliah MPE.kelompok saya melakukan rapat dengan jadwal terjun ke lapangan pada esok harinya,pada rapat tersebut kami membahas mengenai tempat mana saja yang akan kami tuju yang berkaitan dengan program PAUD yang ada di Suarakarta dan akhirnya kami sepakat untuk memulainya dari PAUD yang ada di Mojosongo dengan pertimbangan bahwa mojosongo merupakan daerah percontohan unuk program PAUD. Sabtu 21 Maret 2009 pukul 08.00 WIB:kelompok kami berkumpul di boulevard UNS untuk langsung menuju lokasi penelitian,namun sebelumnya kami mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan kami ajukan disana.09.30 kelompok kami tiba di lokasi penelitian yaitu di kelurahan mojosongo,kebetulan diaula kelurahan sedang diadakan PAUD,jadi saya dapat bertanya secara langsung mengenai program PAUD kepada pengelolanya.dari PAUD kusuma yang ada di mojosongo kami memperoleh informasi-informasi yang menjadi titik awal penelitian,informasi yang kami peroleh diantaranya uptd. skb (sanggar kegiatan belajar) di semanggi,kami langsung menuju kasana,disana kami memperoleh berbagai macam penjelasan mengenai program PAUD,namun penjelasan yang kami peroleh kurang begitu mendalam karena terkendalsurat ijin(namun saat itu saya tidur di sepeda,karena kecapean karena di awal-awal saya memberanikan diri bertanya-tanya dari lokasi yang belum tau sampai mewawancarai nara sumber.
    tanggal 27 maret 2009 : kelompok mengadakan diskusi kecil untuk membahas kegiatan penelitian kami berikutnya dan dri rapat dihasikan keputusan kelompok kami akan mengambil data di DISDIKPORA (dinas pendidikan pemuda dan olahraga) kota surakarta.keesokan harinya kelompok kami langsung menuju tempat yang dimaksud didaerah punggawan. dengan membawa surat tugas kami langsung menanyakan mengenai program pud yang ada di surakarta.tapi dari pihak DISDIKPORA meminta kami untuk membawa surat permohonan data.karena tidak adanya surat yang dimaksud akhirnya kami memutuskan untuk menunda pengambilan data di DISDIKPORA. sebelum kami pulang kami melakukan sedikit evaluasi mengenai apa yang telah kelompok kami lakukan dan apa yang akan kami lakukan pada agenda berikutnya. Agenda kelompok kami berikutnya mengenai program PAUD,antara lain mempersiapkan berbagai surat tugas yang diperlukan,agar memudahkan dalam proses pengambilan data,kelompok kami juga berencana untuk mengambil informasi atau data mengenai program PAUD di HIMPAUD,karena menurut informasi yang saya dapat HIMPAUD merupakan suatu himpunan yang mengelola mengenai program PAUD yang ada di kata Surakarta

  • 55
    dimas
    April 19th, 2009 00:24

    Dimas Satrio Putro
    D0306031
    Tema : Studi kota layak anak (POSYANDU)

    Pada perkuliahan ini yaitu, metode penelitian evaluasi saya bergabung dengan kelompok yang dipimpin oleh saudara suyanto. Saya bergabung pada awal april, oleh karena itu saya belum melakukan pencarian data yang dibutuhkan.
    Tetapi untuk ke depannya saya akan membantu sepenuhnya demi menyelesaika tugas yang telah diberikan kepada kelompok kami. Mohon pengertiannya… Terima kasih

  • 56
    arief
    April 19th, 2009 09:42

    Arief Gunawan P. / D0305015
    studi:Kota Layak Anak
    Taman Cerdas -Gandekan

    Dalam perkuliahan MPE selain sebagai kewajiban mahasiswa untuk memenuhi SKS dan serta memberikan pengetahuan akademis ,penulis pribadi mendapatkan sebuah metode atau cara berpikir yang lebih matang dalam menilai kebijakan yang dilakukan pemerintah kepada rakyatnya dari segala factor/ aspek kehidupan yang vital didalamnya.dimana didalam ini pemikiran harus berpihak kepada masyarakat sehingga pembuatan rancangan kebijakan pemerintah dapat tepat sasaran, sesuai kebutuhan masyarakat dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah tanpa merugikan hak atau kepentingan masyarakat, dan justru sebaliknya Guna mancapai keadaan yang lebih baik.

    Dalam kuliah Metode Penelitian Evaluasi selama setengah smester,kelompok kerja penulis akan melakukan penelitian evaluasi program, pelaksanaan, serta dampak pada program Taman Cerdas yang dibuat oleh pemerintah yang berlokasi di daerah Gandekan. Dalam pembagian tugas kerja sejauh ini, penulis telah melakukan survey lokasi serta ikut membantu dalam pembuatan proposal penelitian ini. Pelaksanaan penelitian kelapangan akan dilakukan setelah ujian mid semester selesai.

  • 57
    NOVITA AYUDI YULIANTI
    April 19th, 2009 11:00

    Nama: Novita Ayudi Yulianti
    NIM:D0306050
    Judul:Studi Kota Layak Anak Surakarta (Forum Anak Surakarta)
    Berikut ini adalah kegiatan yang telah saya laksanakan selama mengikuti mata kuliah MPE.
    Saya dan kelompok saya mendapat tugas untuk mengkaji Studi Kota Layak Anak dan Surakarta, tepatnya progran Forum anak Surakarta. Kelompok saya terdiri atas Indah W, Iin Surya, Sinung, Pradina, Weny, dan saya sendiri (Novita).
    Pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2009 saya dan kelompok saya berkumpul di hot spot area pada pukul 10.30 untuk browsing data tentang FAS dan agenda kegiatan FAS. Akhirnya setelah beberapa lama mencari akhirnya saya mendapat beberapa data dan Contact person dari anggota FAS. saya dan teman- teman merencanakan untuk menghubungi nomor tersebut untuk meminta beberapa data tambahan lagi.
    Pada hari Jumat 20 Maret 2009 saya mengikuti kuliah di ruang 5 Fisip pada jam 08.00. Saya dan teman- teman mendapat pengarahan dari Bp. Drajat tentang format penyusunan proposal penelitian. Setelah itu saya berdiskusi dengan teman- teman dan mencari buku sumber di perpustakaan. Kemudian setelah sampai di rumah saya mengetik proposal tersebut.
    Pada hari Rabu, 25 Maret, saya dan teman- teman berkumpul lagi di hotspot area fisip untuk browsing data tentang FAS lagi untuk tambahan data dan membicarakan tentang teori apa yang akan kami gunakan. Kemudian kami mendapat beberapa data dan akhirnya kami memilih teori aksi dan teori sistem. Setelah sampai di rumah saya kemudian meneruskan untuk menyusun proposal lagi karena besok akan dikonsultasikan ke Bp. Drajat.
    Pada hari Jumat. 27 Maret 2009 saya mengikuti kuliah rutin MPE namun hari ini hanya dimanfaatkan untuk menyelesaikan proposal. Saya berdiskusi dengan teman- teman untuk menyelesaikan proposal pada hari itu juga.
    Kemudian pada hari Selasa, 31 Maret 2009, saya mengikuti pertemuan rutin dengan Bp. Ramdon untuk mengevaluasi propposal penelitian. Hasil yang saya dapatkan adalah ada beberapa bagian dalam proposal kelompok saya yang masih kurang yaitu tentang teori dan definisi program serta metodologi penelitian yang harus diperbaiki.
    Kemudian pada tanggal 12 April 2009 saya dan teman- teman datang ke acara regenerasi FAS di Jongke. Dalam kegiatan itu kami mendapatkan beberapa informasi dan dapat berkenalan dengan anggota- anggota FAS.
    Itu adalah beberapa hal yang telah saya laksanakan bersama kelompok saya. Kedepannya kelompok kami merencanakan akan terjun ke lapangan lagi untuk penelitian dan segera menyelesaikan laporan penelitian.

  • 58
    RIZKI ARIBOWO
    April 19th, 2009 14:42

    Nama : RIZKI ARIBOWO
    NIM : D0305057
    JUDUL : STUDY KOTA LAYAK ANAK , KIPPAS
    saya akan memaparkan kegiatan saya selama mengikuti penelitian mata kuliah MPE., , Sebelunya saya minta maaf banget kepada mas Romdhon dan teman-teman kelompok saya apabila saya tidak dapat bekerja sama secara maksimal dalam mengerjakan tugas ini. tapi saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk ikut bekerja bersama sama dalam menyelesaikan tugas in dan saya berusaha agar saya tidak menjadi beban bagi kelompok saya dan orang lain. kegiatan dimulai tanggal 20 Maret 2009 di kampus dengan pembagian tugas terhadap masing-masing anggota dan saya mendapat tugas mencari informasi lebih banyak tentang KIPPAS melalui web, malam harinya saya langsung serch dikomputer rumah kesayangan saia ternyata hasil yang saia dapat tidak banyak berubah dengan bahan yang sudah ada, mungkin dikarenakan tidak banyak orang yang membahas tentang kippas.
    Karena kurangnya koordinasi dan komunikasi dengan kelompok banyak kegiatan dari kelompok yang tidak saia ikuti, Tanggal 6 April kelompok kami menemui mbak Maya di secretariat KIPPAS di Taman Cerdas Pajang, sebelumna kemalangan saya dalam penelitian ni hamper terulang lg, karena kelompok bilang akan mengadakan penelitian di taman cerdas dan kumpul jam 1 siang dikampus tp setelah saya tunggu ampe hmpir jam 2 kelompok kq blun datang, tidak disangka ternyata mereka telah berada dilokasi sejak jam 12an, untung saja saia mengkonfirmasi kepada salah satu kelompok, dan segeralah saia meluncur kelokasi. Tp ta apalah sesampaina di sana kita mendapatkan banyak data mengenai KIPPAS antara lain SK walikota tentang kelembagaan KIPPAS, program-program KIPPAS dan saya mendapat tugas memfotokopi file-file KIPPAS tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan laporan penelitian tentang kelembagaan KIPPAS. Semangat all!!!!!!!!
    sekian tugas dari saya, atas bantuan dan bimbingannya saya ucapkan terima kasih.

  • 59
    ami
    April 19th, 2009 14:42

    Nama : Salami Dwi Wahyuni
    Nim : D0306055
    Tema : Study Kota Layak Anak ( KIPPAS)
    Berikut saya paparkan kegiatan saya dalam mata kuliah metode penelitian evaluasi.
    Tanggal 20 maret 2009 di kampus, saya dan kelompok berkumpul untuk membicarakan pembuatan proposal yang kemudian saya mulai mencari data-data yan dibutuhkan. Tanggal 23 maret 2009 di kampus saya mencari buku-buku mengenai teori-teori yang berhubungan dengan gender. Tanggal 26 maret 2009 di rumah saya mengetik teori dari buku yang sudah saya pinjam kemarin di perpus. Tanggal 27 maret 2009 saya dan kelompok menyelesaikan proposal
    Tanggal 27 maret 2009 di Lppm uns dengan pak ramdhon, beliau memberi masukan untuk memperbaiki proposal kelompok dengan mengganti rumusan masalah, member deskripsi program kippas, teori dan memperbaiki metode nya. Tanggal 31 maret 2009 di Lppm uns dengan pak ramdhon dan kelompok lain, disitu beliau membicarakan tentan mid semester yang diganti dengan tugas individual, kemudian memperbaiki proposal supaya pada tanggal 3 april dapat di upload ke email beliau. Setelah pertemuan dengan pak ramdhon, saya dan kelompok janjian bertemu dengan bu maya selaku anggota kippas dibalai kota jam 1 siang, saya dan alif bertemu dengan bu maya dan kami diberi gambaran sederhana tentang kippas.
    Tanggal 1 dan 2 april kami sekelompok melengkapi proposal dengan data-data yang kami peroleh kemarin pada saat bertemu dengan bu maya dibalai kota, menambah deskripsi proram, metode, latar belakang dan kata pengantar yang kemudian untuk dikirim ke email pak ramdhon. Tanggal 6 april 2009 di taman cerdas pajang, kami bertemu lagi dengan bu maya untuk memperoleh data tentang SK walikota tentang pembentukan kippas itu sendiri, susunan anggota, rekruitmen anggota dan program-program nya kedepan. Langkah selanjutnya menyusun laporan tentang kelembagaan kippas.

  • 60
    Irphan
    April 19th, 2009 18:31

    Nama : Irfan Fitriadi
    NIM : D 0305040
    Judul : Study Kota Layak Anak “ Taman Cerdas Di Mojosongo”
    Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang saya lakukan selama mengikuti kuliah Metode Penelitian Evaluasi:
    Hari jumat tanggal 20 Maret 2009, jam 7.00-08.30, di ruang 5 saya mengikuti perkuliahan MPE. Membahas masalah pembuatan proposal dan berdiskusi dengan kelompok lain yang memiliki objek penelitian sama yaitu taman cerdas, kebetulan saya dan kelompok kumpul bersama kelompok vita, dan menyepakati bahwa kelompok akan membuat penelitian evaluasi dari program, implementasi, dan dampak dari program dari taman cerdas, 2 kelompok sepakat untuk sama-sama membuat proposal kemudian di diskusikan lagi pada tanggal 24 Maret 2009.
    Senin, 23 Maret 2009 jam 10.00, saya mencari data tentang Taman Cerdas sebagai bahan pembuatan proposal kelompok, data yang saya peroleh adalah data dari hasil magang teman saya Anggoro, kemudian jam: 18.30–21.00, saya dan teman-teman satu kelompok berkumpul dikos Bondan kembali untuk membahas proposal tentang Taman Cerdas (terutama masalah landasan teori dan metodologi penelitian). Hari Selasa 24 Maret 2009, jam 12.30, saya dan teman satu kelompok berkumpul dikos Bondan untuk membahas hasil survei yang telah dilakukan ketua kelompok dan Bondan. Dan jam 16.00 sore semua anggota kelompok saya dan semua anggota kelompok vita kumpul di kos Dito untuk menggabungkan bahan proposal yang telah di dapat dari masing-masing kelompok.
    Jumat, 27 Maret 2009 jam 9.00, di kos Bondan saya dan semua anggota kelompok dengan kelompok Vita menyelesaikan proposal. Rabu 1 April 2009 jam 12.00, dikos Bondan, semua anggota kelompok bersama kelompok Vita memperbaiki proposal yang sudah jadi.
    Kegiatan ini terhenti karena adanya Ujian Tengah Semester. Untuk kegiatan kedepannya saya dan kelompok akan terjun ke lapangan. Sekian dan terima kasih…

  • 61
    M. Fachrurrozi
    April 19th, 2009 19:33

    Nama : M. FACHRURROZI
    NIM : D 0306047
    Judul : Studi Kota Layak Anak ”Posyandu sebagai sarana meningkatkan kesehatan anak”
    Berikut dibawah ini adalah ringkasan dari semua kegiatan yang telah saya lakukan selama kegiatan dari mata kuliah Metode Penelitian Evaluasi yang telah dibimbing oleh Pak Ramdhon, dikelompok ini saya dipercayai untuk menjadi sekretaris dan berusaha untuk melaksanakan tugas-tugas saya dengan maksimal. Dan saya memulai melaksanakannya yaiutu pada hari Jum’at tanggal 27 Maret 2009, menyusun proposal dan mengumpulkan data-data dan konsultasi. Dilanjutkan dengan pertemuan perdana di luar ruangan yaitu di LPPM UNS, ini diwakili oleh saya sendiri selaku perwakilan dari masing-masing kelompok tepatnya pada hari Selasa 17 maret 2009. Hasil pertemuan pada hari selasa itu kelompok kami diberitahu bahwa proposal yang telah kami susun sebelumnya masih mengalami beberapa kekurangan sehingga pada hari Senin tanggal 30 Maret 2009, kelompok kami mengadakan rapat koordinasi dan bersama-sama memperbaiki.
    Dilanjutkan hari kamis tepatnya tanggal 2 April 2009, kami membuat proposal dan mencoba kami sinkronkan dengan kelompok Alidha, sebab obyek penelitian kami sama yaitu meneliti posyandu.
    Jum’at tanggal 3 April 2009, mengadakan rapat koordinasi kelompok yang bertempat di lobi FISIP, kemudian saya sendiri mendapat intruksi untuk bisa pergi ke Balai Kota Surkarta guna mencari data ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Akan tetapi berhubung hari jumat merupakan hari pendek,saya dengan Dony pun sepakat untuk mencari waktu yang lebih tepat (dengan persetujuan Direktur tentunya), Yaitu pada
    Hari Rabu tanggal 8 April 2009, saya bersama Dony Ke Balai Kota guna mencari tahu tentang prosedur tentang tata tertib mengenai surat tugas apa saja yang diperlukan sebelum kami mencari data menyangkut perkembangan kesehatan masyarakat kota surakarta melalui Dinas Kesehatan khususnya informasi mengenai program Posyandu.
    Hari Selasa, 14 April 2009, kelompok kami kembali mengadakan rapat koordinasi dan pembagian tugas, dari situ saya dengan Dony kembali ditugaskan untuk pergi ke Balai Kota akan tetapi kami berdua kembali masih mengalami kesalahan mengenai prosedural dalam mencari data.

  • 62
    dony
    April 19th, 2009 19:49

    Nama ; dony setyawan
    Nim ; D0306032
    Judul ; Posyandu sebagai sarana meningkatkan kesehatan anak di kelurahan Gandekan
    ini kegiatan yang saya lakukan dalam mata kuliah metode penelitian evaluasi , anggota klompok saya antara lain Suyanto Prasetyo, M. Fachrurrozi Afuwat Amin W, Hanif Wahyu W, Dimas Satrio. Agenda yang sudah klompok kami lakukan lakukan adalah jum’at tgl 20 Maret 09 koordinasi anggota klompok untuk menentukan tema dan judul penelitian serta mulai member gambaran pada teman-teman tentang kinerja kedepannya.
    Pada hari Jum’at tgl 27 maret 09, menyusun proposal dan mengumpulkan data-data dan konsultasi. Untuk kegiatan hari selasa Selasa 17 maret 09 pertemuan perdana di luar ruangan yaitu di LPPM UNS,ini perwakilan dari masing-masing kelompok.
    Senin tgl 30 maret 09, rapat kembali untuk memperbaiki proposal yang sudah diajuakan sebab mengalami kekurangan isi dan ada beberapa point yang harus di hilangkan kerana tidak perlu untuk dicantumkan dalam proposal
    Jum’at 3 April 09 rapat lagi di lobi fisip dan kemudian saya dan Ozzi mendapat intruksi dari mas yanto untuk minta data kedinas social dib alai kota Solo. Namun saya bersma Ozzi tidak langsung meminta datan melainkan mencari informasi bagaimana prosedur untuk mencari data di dinas kesehatan surakarta,dan syarat-syarat nya adalah harus melampirkan surat ijin tugas dari fakultas beserta prorosal kegiatan, dan dan rencananya klo surat ijin dari fakultas sudah jadi (hari selasa besuk) maka saya dan slah atu anggota klompok akn ke balai kota untuk mncari data(mengajukan proposal) kemudian hari berikutnya klompok km berencana untuk terjun lansung ke kelurahan Gandekan untuk mencari data tentang posyandu

  • 63
    aramdhon
    April 20th, 2009 09:06

    adakah yang belum meninggalkan comment ?

    1. terima kasih telah meninggalkan komentar di media ini

    2. terima kasih, absensi + print out sudah saya terima

    3. silahkan anda melihat semua comment yang ada ; menarik, meliputi tugas, kendala, kemajuan, saran-masukan yang ada, dll. [cat : khusus yang mengerjakan tugas individual kita akan adakan pertemuan utk mendiskusikan agenda teman2]

    4. kuliah akan kita mulai lagi pada 24 april 2009. desainnya adl setiap kelompok sudah mempunyai orientasi atas laporan tugas kelompoknya masing2 utk kemudian didiskusikan [seminar kelas dan seminar akhir] bersama2

    5. kebetulan saya juga ketemu dengan beberapa stakeholder yang menjadi fokus kajian kali ini, antusiasme mereka sampaikan bersama harapan agar anda semua bisa berkontribusi lebih pada program surakarta layak anak ini.

    6. utk kiriman email yang masuk, saya belum mendapat banyak, kalopun ada yang terkirim tapi tidak dalam format utk diattachment, silahkan saya tunggu

    7. saya berdoa agar semuanya bisa berjalan lancar. trims



Leave a Reply

Note: Any comments are permitted only because the site owner is letting you post, and any comments will be removed for any reason at the absolute discretion of the site owner.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image